Tingkatkan pemahaman Al-Qur,an Kepada Siswa, Pemkab Bangkalan Gelar MTQ

Ketua panitia MTQ, Abdul Mukti-Foto: Amin Sohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– untuk meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai Al-Qur’an bagi santri dan pelajar, pemkab Bangkalan menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ). “Tujuan digelarnya MTQ ini juga untuk menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an kepada anak didik baik santri maupun pelajar agar tercipta masyarakat qur’ani,” terang ketua Panitia MTQ, Abdul Mukti, Rabu (10/10).

Selain itu kata Abdul Mukti, digelarnya MTQ tingkat kabupaten ini juga untuk menggali bibit yang berkualitas yang akan dipersiapkan untuk menjadi kafilah MTQ kabupaten Bangkalan ditingkat Propinsi Jawa Timur. “Jadi juara MTQ tingkat Kabupaten ini nanti akan dikirim Surabaya untuk mengikuti MTQ tingkat Propinsi,” tutur Abdul Mukti yang juga Kabag Sosial pemkab Bangkalan ini.

Dijelaskan Abdul Mukti, untuk MTQ tingkat Kabupaten ini diikuti oleh 244 peserta dengan tujuh cabang yang dilombakan, terdiri dari cabang Tilawah sebanyak 106 orang, Cabang Hafidz sebanyak 32 orang, cabang Tartil 30 orang, cabang Tafsir 3 orang, Cabang Fahmil 18 orang, Cabang Syahril 25 orang dan cabang Khott sebanyak 30 orang.

Lebih lanjut Abdul Mukti menjelaskan, untuk tempat pelaksanaan lomba, pihak panitia telah menyiapkan beberapa tempat, antara lain, di pendopo agung Kabupaten, Masjid Agung Bangkalan, Aula Rumah Dinas Wakil bupati, Pendopo Raden Pratanu pemkab Bangkalan, Masjid Raden Pragalba pemkab Bangkalan dan Aula PSB MAN. “Pelaksanaan lomba ini digelar hanya satu hari saja,” tuturnya.

Untuk menghasilkan juara MTQ yang betul-betul berkualitas, pihak panita mengundang juri dari LPTQ kabupaten Bangkalan. “Jurinya kita undang khusus dari LPTQ,” pungkas Abdul Mukti. (min).

Email Autoresponder indonesia