Tingkatkan Produksi Padi, Kelompok Tani Burneh Di Bina

722 views

Produksi Padi | oleh Amin Sohib

Tingkatkan Produksi Padi, Kelompok Tani Burneh Di Bina-Foto: Amin Sohib/MC.com

Maduracorner.com, Bangkalan – pada bulan Nopember ini merupakan musim Tanam (MT) pertama bagi para petani di kabupaten Bangkalan, untuk meningkatkan produksi padi, kelompok Tani di kecamatan Burneh diberi pembinaan. “Ya Pertemuan Paguyuban Kelompok Tani Se Kecamatan Burneh ini kami lakukan setiap dua bulan sekali,” terang Kepala BPPT kecamatan Burneh, Abd Rouf disela-sela acara pembinaan Kelompok tani, Kamis (22/11).

Dijelaskan Abd Rouf, dalam setiap pertemuan paguyuban kelompok tani ini, mereka diberi pengetahuan tentang tehnik-tehnik pertanian, termasuk pola tanam dengan system jajar legowo. “Pembinaan dan pertemuan seperti ini untuk meningkat produksi padi di kecamatan Burneh,” jelasnya.

Sementara itu Mantri tani (Mantan) Kecamatan Burneh, Subakri menjelaskan, jumlah produksi padi di kecamatan Burneh setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. “Produksi padi kita itu, 9,5 ton/hektar, jadi cukup tinggi sekali, sebab di Burneh ini juga ada pertanian dengan sawah tehnis atau sawah yang memakai pengairan irigasi,” kata Subakri.

Sedangkan Camat Burneh, Ismet Efendi yang juga hadir dalam acara pembinaan kelompok tani itu mengaku sangat senang dengan adanya pembinaan yang dilakukan oleh BPPT kecamatan Burneh ini. “Kegiatan ini untuk meningkatkan produksi padi di kecamatan Burneh, lebih-lebih memasuki musim tanam tahun ini,” kata Ismet Efendi.

Ismet Efendi mengharapkan agar para petani dan kelompok tani yang telah mengikuti pembinaan ini nantinya bisa membantu meningkatkan kesejahteraan para petani. “Kalau hasil taninya melimpah, secara otomatis petani akan sejahtera,” pungkas Ismet Efendi. Acara pembinaan itu dihadiri oleh sekitar 80 orang petani dari 26 kelompok tani yang ada di kecamatan Burneh. (min).

Email Autoresponder indonesia