Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

670 views

BLITAR, MADURACORNER.COM-Memasuki musim hujan pada akhir tahun ini membuat pengendara, khususnya pengendara roda dua untuk mempersiapkan diri dan kelengkapannya agar berkendara lebih nyaman dan aman.

Namun terkadang, pengendara melupakan satu hal yang dipandang sepele yaitu pemilihan jenis jas hujan. Padahal, jas hujan sangat penting agar tetap bisa berkendara di musim hujan

Instruktur Safety Riding MPM, Dionisius Mizidianto, memberikan beberapa tips berkendara yang aman saat musim hujan. Sesuai dengan hakikat safety riding yaitu berkendara aman dan nyaman baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Tips pertama dan paling utama adalah, pastikan tubuh kita dalam kondisi fit dan Prima dan lihat kondisi hujan, jika hujan terlalu lebat lebih baik menepi tanpa harus memaksakan diri menerjang hujan lebat.

Kedua buatlah road plan perjalanan, hindari daerah yang rawan banjir. Dan jangan lupa cek kondisi motor terutama ban, rem, dan Kelistrikan.

Ketiga, untuk pemilihan jas hujan. Pakailah jas hujan model jaket dan celana, selain lebih fleksibel pada saat berkendara juga untuk menghindari jas hujan terselip di rantai roda akibat terkena hembusan angin, selain itu keuntungan jas hujan model setelan jaket dan celana adalah tidak menggangu penglihatan pengendara lain.

Terakhir pilihlah jas hujan yang mempunyai warna yang cerah agara terlihat oleh pengendara lain pada saat hujan deras atau kondisi malam hari.

“Jaga jarak aman dengan pengendara lain karena pandangan terbatas. Serta lebih fokus dan sigap terhadap kondisi jalan. Misalnya jalan berlubang dan tergenang air,” ucapnya. (*)

Sumber: Corporate communication
PT. Mitra Pinasthika Mulia

Email Autoresponder indonesia