Tips Merawat Batu Cincin agar Tetap Kinclong

1841 views

pyrite-atau-badar-emas

Bangkalan, Maduracorner.com – Merawat batu akik agar menjadi lebih indah, pastinya jadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh pecinta batu alam ini. Bagi kolektor, memandangi batu akik yang berpenampilan indah adalah kepuasan tersendiri yang tak terbayarkan. Karena itu berbagai teknik sering dilakukan untuk membuat batu alam itu menjadi lebih tua dan berkilau.

Merawat merupakan hal yang paling penting untuk Keawetan koleksi Batu Akik anda perlu dijaga. Ini bertujuan agar koleksi-koleksi batu akik Anda tidak gampang rusak sehingga menimbulkan kerugian bagi Anda. Dibutuhkan kejelian dan dedikasi waktu tersendiri untuk melakukannya.

Lalu bagaimana upaya kita agar batu tetap awet, tidak rusak dan selalu kinclong? Berikut ini cara merawat batu cincin yang baik agar tetap bagus dan berkilau:

Hindari batu dari terik matahari langsung jika anda tidak begitu emahami karakter batu yang dimiliki. Karena ada jenis batu yang rentan terhadap panas dalam waktu lama bai panas apai atau matahari yang bisa menyebabkan batu berubah warna ata bahkan bisa hancur

Hindarkan mencuci batu dengan air panas. Memang ada beberapa jenis batuan mulia yang perlu dicuci dengan air hangat (bukan panas) tapi tetap harus melihat pada karakter batu itu sendiri. Batu dengan tingkat kekerasan rendah akan membuat batu menjadi rusak

Mencuci dengan air sabun. Anda bisa mencuci menggunakan sabun mandi, tapi jangan mengunakan pemutih pakaian atau bahan kimia yang bersifat panas.

Gunakan lap yang halus untuk menggosok batu dan lakukan secara berlahan. Bisa juga menggunakan sikat gigi bekas yang lembut untuk membersihkan bagian-bagian yang tidak bisa dijangkau dengan kain lap. Setelah itu diangin-anginkan (jangan dijmur)

Penggunaan air sebagian pedagang tidak menganjurkan, terutama untuk batu cincin yang memiliki pengikat kurang berkualitas karena akan merusak

Selain mencuci dengan air, untuk membuat batu cincin tetap berkilau bisa menggosok dengan kain halus dan kering secara berulang untuk melepaskan kotoran yang menempel dipermukaan batu.

Demikian ulasan sngkat tentang cara merawat batu-cincin permata akik agar tetap kinclong, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda semua. Selamat Mencoba.

Sumber : Pusat Batu.com

By : Jiddan

Email Autoresponder indonesia