Tipu Warga Tambelangan, Seorang Kakek Ditangkap Polisi

831 views

image

Sampang,Maduracorner.com- Gara-gara melakukan aksi penipuan, seorang kakek bernama Abdus Somad (70) asal Gondanglegi  kabupaten Malang, di tangkap polisi.

Tak tanggung-tanggung, uang hasil aksi penipuannya berjumlah Rp 50 juta. Yang berhasil dikumpulkan dari puluhan warga Kecamatan Tambelangan Sampang yang tertipu.

“Modusnya, pelaku ini  berpura-pura mimpi menemukan bongkahan emas di area kuburan desa setempat,lalu mimpi bohongnya itu diceritakan kepada Syahron, yang juga menjadi korban penipuan. Lalu Syahron ini disuruh menggali tanah yang sebelumnya sudah diberi batu yang di cat mirip emas oleh pelaku,” ungkap Kasat Reskrim Polres Sampang, AKP Hari Siswo Ragasa, Selasa (10/02/2015).

Siswo menjelaskan, pelaku kemudian meminta uang sebesar 50 juta kepada warga yang ingin mendapatkan emas  tersebut dengan dalih sebagai mahar.

“Akhir banyak warga yang patungan, ada yang ngasi 2 juta hingga 15 juta
Setelah terkumpul uang sebanyak 50 juta pelaku menghilang,” jelasnya.

Pelaku akhirnya bisa ditangkap setelah seorang korban menelpon pelaku agar ke Tambelangan dengan alasan akan diberi uang mahar lagi.

Saat ini Polisi terus melakukan pemeriksaan, karena dicurigai aksi penipuan yang dilakukan kakek berusia 70 tahun ini bukan cuma sekali. Hal ini dilihat dari modus dan rencana matang yang disiapkan sebelum melancarkan aksinya.

Dari pengakuan pelaku, selama 1 bulan berada di Tambelangan, dirinya menginap di makam bujhuk Abu Syamsuddin dan berpura-pura jadi orang pintar bijaksana

“Uangnya buat bayar utang pak, baru sekali ini saja (menipu), saya tidur di makam itu kalau makan dikasi sama warga,” jelas tersangka saat ditanya Polisi.

Akibat perbuatannya, kakek yang mengaku ditinggal mati anak dan istrinya ini harus mendekam dibalik jeruji besi, dan terancam pasal 378 sub 372 KUHP tentang penipuan dengan ancaman 4 tahun penjara.

Penulis  : S Umar Al Farouq
Editor    : Sohib

Email Autoresponder indonesia