Tokoh Masyarakat Soroti Capaian Vaksinasi di Bangkalan Rendah

465 views

Bangkalan, Maduracorner.com, Tokoh masyarakat Madura, Abdul Malik menyoroti capain vaksinasi di empat Kabupaten di Madura. Salah satunya yang disoroti capaian vaksinasi di Kabupaten Bangkalan, Jumat, (01/10/21).

Menurut pria yang juga ketua DPD Kongres Advokat Indonesisa (KAI) Jawa Timur ini menyampaikan, beberapa wilayah di Madura menunjukkan serapan vaksinasi yang rendah seperti di wilayah Bangkalan yang hanya mencapai 21 persen dari jumlah warga.

“Bangkalan menjadi salah satu wilayah dengan serapan paling rendah untuk vaksinasi. Karena sosialisasi yang kurang optimal, edukasi ke masyarakatnya,” kata Malik.

Menurut Malik, optimalisasi vaksinasi di Bangkalan sangat rendah karena minimnya edukasi ke masyarakat. “Ini adalah problem bersama, Pemerintah, DPRD Kota, tokoh masyarakat tidak bisa jalan sendiri-sendiri. Harus ada kerjasama apik menyukseskan vaksinasi. Kami meminta, Bupati dan Anggota Dewan di Kabupaten, lebih aktif terjun ke kepala desa agar sosialisasi aktif di Bangkalan, Madura umumnya,” terangnya.

“Jika ini bisa dilakukan dengan baik, maka ini adalah keberhasilan bersama stakeholder terkait. Terutama anggota dewan yang bisa bersentuhan langsung dengan konstituennya,” imbuhnya.

Malik juga memulai langkah awalnya, berkoordinasi dengan tokoh masyarakat Madura lainnya, Jimhur Saros yang juga merupakan ketua DPC KAI Bangkalan, sekaligus Presdir kelompok Suporter Kacong Mania untuk memetakan kondisi sosial dan masyarakat Bangkalan Madura.

“Jadi masyarakat memang jarang terdentuh sosialisasi yang masif. Kebanyakan dari yang ikut vaksinasi adalah pelajar, atau para pekerja di sektor formal. Sementara di sektor informal seperti nelayan, petani dan sebagainya masih belum memahami pentingnya vaksinasi,” tandasnya. (Ae).

banner 468x60)

Posting Terkait

Email Autoresponder indonesia