TPS Edukatif, Pemilih Membaca Buku Sebelum Mencoblos di Sumenep

TPS edukatif di Kabupaten Sumenep. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-Banyak cara untuk menekan angka golput pada pmilu 2019, di Sumenep Madura Jawa Timur. Seperti di TPS 017 di Dusun Telentean Desa Longos Kecamatan Gapura.

Penyelenggara menyediakan tempat pojok baca bagi pemilih sekaligus menyediakan undian berhadiah alat-alat dapur.

Antusias warga berdatangan menggunakan hak suaranya di tempat pemungutan suara di TPS 017 Dusun Telentean Desa Longos Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep/ Madura, Jawa Timur.

Puluhan warga yang datang untuk menggunakan hak suaranya antusias membaca buku. Penyelenggara menyediakan rak buku, berisi buku-buku bacaan. Semabil menunggu antrean, pemilih membaca sebelum mencoblos.

Menarikanya yang membaca buku itu rata-rata warga yang sudah lanjuta usia. Selain itu, penyelenggara menyediakan kupon berhadiah bagi pemilih, setiap pemilih yang sudah selesai mencoblos dibeeri undian. di dalam undian itu berisi nama-nama tokoh pahlawan.

Bagi yang beruntung langsung mendapat hadiah alat-alat dapur yang terdapat gambar dan nama-nama tokoh pahlawan tersebut. semua hadiah itu di tempatkan di gubuk leterasi di bagian samping tempat pemungutan suara tersebut.

“Meski di desa terpencil, Kami sengaja memformat TPS unik dengan menyediakan buku-buku bacaan dan gubuk leterasi dan undian berhadiah ini, guna menarik pemilih agar antusias warga datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya pada pemilu 2019,”ungkap ketua KPPS 017, Badrut Tamam, Rabu (17/04/2019).

Sementara itu salah seorang pemilih, Risnani mengaku senang, sebab selain dapat menggunakan hak suaranya juga mendapat hadiah alat-alat dapur di tps 017 ini. ”Kami berharap momentum pesta demokrasi kedepan perlu dikemas dengan nuansa yang unik seperti di tps 017 agar warga lebih antusias lagi datang ke TPS, harapnya.

TPS 017 Dusun Telentean Desa Longos Kecamatan Gapura ini, berada di daerah terpencil bagian uatara kabupaten sumenep sekitar 40 kilometer dari jantung kota sumenep. untuk menuju tempat ini jarak tempuh kurang lebih satu jam perjalanan.

Adapun daftar pemilih tetap atau DPT di tps 017 ini sebanyak 204 pemilih. sedangkan tingkat kehadiran sejak dibuka dari pukul 07.00 wib tadi padi baru dua jam perjalanan sudah mencapai 50 persen.

sementara seluruh penyelenggara di TPS ini mengenakan pakaian adat guna menghormati para leluhur kabupaten paling ujung timur pulau madura ini. (*)

Penulis: Sai

Editor: Ahmad