Transparansi Anggaran KPU Pamekasan Disoal

626 views
aktivis PMII saat berorasi di depan kantor KPU-foto: Fatahillah/MC.com

aktivis PMII saat berorasi di depan kantor KPU-foto: Fatahillah/MC.com

Pamekasan, Maduracorner.com – Transparansi anggaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan disoal oleh aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pamekasan. Mereka mendatangi kantor KPU Pamekasan untuk mempertanyakan hal itu.

Menurut Imron Ron, anggaran Pilpres di KPU Pamekasan terbilang cukup besar masing-masing anggaran bimbingan teknis (bimtek) sebesar Rp. 24 M, pembinaan SDM sebesar Rp. 482 juta dan dana sosialisasi sebesar Rp. 1 Milyar.

“Sementara sosialisasi hanya dilakukan melalui baliho-baliho yang dipasang di sudut-sudut kota. Kemana anggaran yang besar itu” kata Imron.

Mereka berjanji akan terus mengawal dan melakukan aksi yang lebih besar untuk mengawal kasus tersebut. Bahkan mereka akan membawa hal itu ke DPRD Pamekasan agar dibentuk panitia khusus untuk memplototi penggunaan anggaran itu.

Ketua KPU Pamekasan, Mohammad Hamzah mengaku tidak tahu menahu terkait besaran anggaran untuk pilpres di KPUD Pamekasan. Karena merupakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kuasa pengguna anggaran (KPA).

“Kalau sosialisasi sudah kita lakukan, baik sosialisasi di internal maupun eksternal,” katanya.

Sosialisasi di internal dilakukan ditingkat PPK hingga KPPS sementara sosialisasi di eksternal dilakukan melalui tokoh masyarakat dan melalui media massa.

Penulis : Fatahillah Kamali. Editor : Gebril Altsaqib

Email Autoresponder indonesia