Tujuh warga Bangkalan Terserang Demam Berdarah

647 views

Demam Berdarah | oleh Amin Sohib

Tujuh warga Bangkalan Terserang Demam Berdarah-Foto: Amin Sohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan-Memasuki  awal musim hujan ini, tujuh orang warga bangkalan mulai terserang penyakit Demam Berdarah (DB). Empat orang pasien DB dinyatakan sembuh sedangkan tiga orang masih di rawat di BRSUD Syamrabu Bangkalan. “Sekitar 2 minggu yang lalu ada 4 orang pendrita DB yang dirawat disini, namun sudah sembuh. Sekarang tinggal tiga orang penderita DB yang masih dirawat disini,” terang Wadir Pelayanan BRSUD Bangkalan, dr Handy Rusmana, Rabu (07/11).

Dijelaskan dia, ketiga orang pasien DB yang tengah dirawat saat ini adalah Muhammad dimas Ubaidillah (3) warga desa Pekatan kecamatan Blega, Afrizah (4), Lolanda (4) keduanya warga desa Langkap kecamatan Burneh. “Dari hasil tes laboratorium ketiga pasien positif DB,” jelas Handy Rusmana.

Selain tiga pasien yang dirawat itu kata Handy Rusmana, masih ada sejumlah pasien yang suspec virus dengue, salah seorang pasien itu adalah Nur Aini (6) warga desa Dupok kecamatan Kokop. “Tapi pasien yang dari Kokop ini hasil tes laboratoriumnya masih belum diketahui, apakah dia poisitif DB atau tidak, dia kita katogerikan masih suspect DHF,” tuturnya.

Menyikapi adanya penyakit DB yang sudah mulai menyerang warga ini, Dinkes bangkalan langsung membuat surat edaran kepada semua puskesmas yang ada di kabupaten Bangkalan. “Surat edaran tentang kewaspadaan sudah kami kirim ke puskesmas puskesmas,” kata Kadinkes bangkalan, dr Ahmad Aziz.

Namun ketika ditanya berapa jumlah penderita DB yang ada di puskesmas-puskesmas, mantan wadir Pelayanan BRSUD bangkalan ini mengaku tidak tahu. “Wah maaf mas datanya saya tidak hafal, besok aja ke kantor saya siapkan,” kata Aziz yang dikonfirmasi disela-sela rapat pembahasan KUA PPAS di DPRD Bangkalan.

Dijelaskan Ahmad Aziz, Dinkes akan menindak lanuti kasus DB itu dengan melakukan foging atau pengasapan di daerah yang terjadi kasus DB. “Foging ini baru kami lakukan nanti setelah ada laporan dari Rumah sakit, tapi foging pasti kami lakukan,” jelasnya.

Kadinkes Bangkalan menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan cara meniadakan genangan air, dan masyarakat juga dihimbau untuk selalu berprilaku sehat dengan tetap melakukan 3 M. (min).

Email Autoresponder indonesia