Tuntut Sekda Dicopot, Himapesa Datangi Dewan

1032 views
image

Akitivis Himapesa ditemui anggota dewan di ruang Komisi I DPRD Sampang

Sampang, maduracorner.com – Polemik dugaan akan ‘Nyalon-nya’ Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang Puthut Budi Santoso sebagai Bupati Magetan pada 2017 mendatang terus menggelinding.

Para aktivis yang tergabung dalam
Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Sampang (Himapesa) mendatangi kantor DPRD Sampang, Rabu (09/09/2015).

Ditemui anggota komisi I DPRD Sampang, mereka mendesak pihak legislatif segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) terkait kinerja Sekda yang mulai menurun karena tidak fokus terhadap pembangunan Sampang. Menurut Himapesa, kinerja Sekda menurun lantaran sibuk kampanye.

“Bagaimana bisa fokus kalau mulai hari Jum’at sore hingga Minggu pulang ke Magetan. Perlu dicatat, audit BPK menyatakan Silpa pada tahun 2013 sebesar 110 milyar dan Silpa pada 2014 mencapai 202 milyar. Sedangkan APBD 2015 saat ini hanya terserap 20 persen,” ujar Samsul Arifin, kordinasi Himapesa.

Untuk itu, mereka menuntut DPRD Sampang melalui Komisi I segera membentuk pansus. Selain itu mereka juga mendesak Komisi I merekomendasikan Kepada Bupati agar Bupati menyuruh Sekda menutup video kampanyenya yang beredar di Youtube.

“Tuntutan kami yang terakhir, anggota dewan segera merekomendasi kepada Bupati agar Bupati secepatnya membuat surat pemberhentian Sekda kepada Gubenur Jawa Timur,” sambungnya.

Menanggapi tuntutan itu, salah seorang anggota Komisi I DPRD Sampang, Agus Husnul Yakin berjanji akan menyampaikan tuntutan tersebut kepada anggota Komisi I lainnya.

“Setelah ini kita akan rapat intern dulu, karena ketua komisi I saat ini berhalangan hadir. Untuk perlu tidaknya dibentuk pansus kita lihat urgensinya dulu, karena untuk membentuk Pansus perlu kesepakatan 3 anggota dari 7 fraksi,” tukasnya.(far/yung)

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor : Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia