Uji Coba Tanam Padi Sistem Jarwo Hasilkan 13,2 Ton GKP / Ha

949 views
image

Dandim 0829 Bangkalan, Letkol Inf Lucky Avianto (dua dari kanan) saat uji coba penanaman dan panen padi jarwo di Desa Jambu Kecamatan Burneh

Bangkalan,Maduracorner.com – Tanam padi dengan sistem jajar legowo (jarwo) ternyata memberikan banyak keuntungan. Karena sinar matahari lebih mudah masuk dan diserap. Selain itu, bibit yang dipakai lebih hemat, perawatan padi lebih mudah dan hasilnya jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan cara tradisional. Ternyata hasil tanam ubi dan padi dengan sistem jarwo menghasilkan 13,2 ton gabah kering panen (GKP)/ha.  Sedangkan kalau memakai sistem tanam tradisional diperoleh hasil 8,3 ton GKP/ha.  “Petani lebih diuntungkan bila menanam dengan sistem jarwo. Karena ada selisih keuntungan sekitar 5 ton GKP/ha GKP. Kalau GKP dijual dengan harga  Rp.3.300, petani bisa untung Rp.15 juta dalam satu kali panen,” ujar Dandim 0829 Bangkalan, Letkol Inf Lucky Avianto  saat uji coba penanaman dan panen padi jarwo di Desa Jambu Kecamatan Burneh, Jum’at, (20/3/2015).

Menurut Lucky Avianto yang sebentar lagi dipromosi sebagai Waasops Danjen Kopassus iitu. Panen padi dengan sistem jarwo yang dilakukan Kasrem Letkol Inf Agung Dwi Kuncoro mewakili Danrem 084/BJ bersama Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Lucky Avianto dan didampingi Muspida  Bangkalan, Dinas Pertanian dan Peternakan Bangkalan, BKP3 Bangkalan, BPTP Provinsi Jatim dan masyarakat petani. Dimaksudkan sebagai uji coba dan membuktikan bahwa tanam padi sistim jarwo jauh lebih unggul dan menguntungkan. Bila dibandingkan dengan dari sistim tanam padi biasa yang juga ditanam disamping padi jarwo. Sekaligus sebagai tindak lanjut dari upaya Kodim 0829/Bangkalan untuk menyukseskan target swasembada pangan di Kabupaten Bangkalan.

Setelah dipanen, Kasrem 084/BJ, para anggota Muspida dan tamu undangan menyaksikan langsung proses penghitungan menggunakan tehnik pengubinan. Untuk itu Dandim yg sudah mendapatkan promosi menjadi Waasops Danjen Kopassus ini akan memerintahkan para Danramil dan Babinsa diseluruh wilayah Dandim 0829 Bangkalan untuk mengajak masyarakat menanam padi dengan sistem jarwo.

“Bisa dibayangkan dengan hasil tanam sistim jarwo tersebut, Selain mendapat  keuntungan juga memicu semangat petani untuk memanfaatkan lahan kosongnya ditanami padi jenis jarwo. Mari menanam…bersama rakyat TNI kuat, bersama TNI rakyat damai dan sejahtera,” pungkas Lucky. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor   : Mamad

Email Autoresponder indonesia