Ujian Kejar Paket C, Digelar Bersamaan Dengan Unas SMA

1063 views

Ujian Paket C Bersamaan Dengan Unas SMA | Oleh : Aryan

: Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Hariyanto-Foto : Aryan/MC.com

: Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Hariyanto-Foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Ujian bagi Kejar Paket C atau ujian persamaan setingkat SMA yang biasanya digelar setelah pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) SMA. Namun pada tahun 2013 ini, ujian kejar Paket C diselenggarakan bersamaan dengan Unas SMA. “Sesuai Surat Keputusan Kemendikbud, untuk tahun ini  Ujian kejar Paket C dihelat bersamaan dengan Unas SMA Sederajat,” terang Kepala Disdik Bangkalan, Moh.Mohni melalui Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Hariyanto kepada MC.com, Minggu (14/04).

Menurut dia, digabungnya pelaksanaan ujian kejar Paket C itu kemungkinan besar dikarenakan untuk mengefisienkan waktu dan bagi mereka yang ikut ujian kejar Paket C tidak sampai terlambat atau mengalami kesulitan saat hendak melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi. “Kalau sebelumnya kita kan sering dengar mereka yang mengikuti program kejar Paket C dikabarkan kerap terlambat untuk mendaftar di Perguruan Tinggi,” tuturnya.

Soal materi ujian dan nilai standar kelulusan antara yang ikut ujian kejar Paket C ini  lanjut Risman, tidak ada perbedaan. Artinya, materi soal ujian sama dan disesuaikan dengan jurusan masing – masing. Termasuk nilai standar kelulusan. “Materi soal ujian disesuaikan dengan jurusan dan pendidikan kejuruan siswa masing – masing dan nilai standar kelulusannya juga sama yakni 5,5,” ungkapnya.

Dijelaskan, bagi siswa SMA Sederajat dan Kejar Paket C yang tidak lulus Unas tahun ini. Masih diberi kesempatan untuk mengikuti ujian susulan kejar Paket C yang akan digelar sekitar bulan Juni atau Juli 2013 nanti. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia