UKG Tahap Ke Dua di Mulai

1164 views

UKG Tahap Ke Dua di Mulai-Foto: Umar faruq/MC.com

Maduracorner.com, Bangkalan – sebanyak 2.730 orang guru TK, SD, SMP, SMA, SMK dan Kepala sekolah serta pengawas di kabupaten Bangkalan mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap ke II yang serantak di laksanakan di 8 kabupaten/kota di Jawa Timur. “”Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tajap ke II ini, di pusatkan di sembilan tempat, dan berlangsung selama 5 hari, mulai dari tanggal 16 hingga 20 Oktober,” terang Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Moh. Kamil, Jumat  (19/10/2012).

Dijelaskan Kamil, Ke-sembilan tempat itu antara lain; SMPN 1, SMPN 2, SPMN 4, SMPN 5, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMKN 1 dan SMKN 2. “UKG tahap ke II ini di ikuti Guru, Kepala sekolah dan Pengawas dari TK hingan SMA, sebanyak 2.730 Orang dan hasil dari nilai tidak menentukan ke lulusan, hanya untuk pemetaan kompetensi para guru,” tutur Kamil.

Dari hasil pemetaan lanjut Kamil,  untuk kembali mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yakni akan ada pelatihan sesuai dengan hasil pemetaan, seperti guru yang mendapat 20 maka semua akan dikumpulkan menjadi satu.

Menurut Kamil, semua guru SMP dan SMA/SMK kemapuan ilmu IT-nya sudah hampir 100 cukup bagus, namun untuk guru SD ada beberapa guru yang 50 tahun ketas banyak yang tidak menggunakan IT, sehingga harus di bantu oleh operator dan pengawas ruangan.

“Setelah selesai mengerjakan soal, para peserta langsung mengetahui nilainya, dan setelah itu tahun 2013 semua guru yang sudah mengikuti akan di tindak lanjuti dengan workshop sosialisasi sesuai hasil pemetaan,” kata mantan Kabid SMP/SMA Dinas pendidikan.

Ditegaskan Kamil, pihaknya menghimbau kepada semua guru sudah di tuntut mengusai ilmu IT. Sebab, nanti semua guru yang akan mengikuti work shop dan pelatihan harus membawa laptop. “Sehingga apabila ada guru yang belum bisa IT, setidaknya mengoperasikan komputer atau laptop guru yang bersangkutan tidak bisa di kirim untuk mengikuti workshop yang dilaksanakan di propinsi,” pungkasnya. (mi/min)

Email Autoresponder indonesia