UKM Waspadai Daya Saing Masuki MEA

833 views
image

Seminar MEA

Bangkalan, Maduracorner.com – Menghadapai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang diberlakukan pada tahun 2015, rupanya akan berdampak terhadap. Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di tanah air. Pasalnya, barang dari luar bakal bebas masuk ke negeri ini.

Sehingga dibutuhkan peningkatan daya saing yang tinggi dari UKM. Hal tersebut dilakukan supaya tidak kalah saing karena peningkatan standart, desain dan kualitas produk berdasarkan ketentuan ASEAN (misal ISO-26000).

“Tantangan yang bakal dihadapi ketika MEA datang yakni persaingan makin tajam dalam memperoleh sumber daya, bahan baku, finansial, teknologi, informasi dan SDM,” terang Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN, Ditjen Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Neger RI, Ina Hagniningtyas Krisnamurthi, ketika menjadi nara sumber dalam seminar MEA 2015 di UTM, Rabu (25/3/2015).

Ia menjelaskan, peningkatan daya saing UKM karena peningkatan standar sesuai ketentuan ASEAN. Namun, dengan adanya MEA bisa mempercepat pengembangan UKM dengan memanfaatkan keberagaman masing-masing negara anggota ASEAN.

Serta bisa memperkuat daya tahan UKM untuk menghadapi tantangan keuangan dan makro ekonomi. Disusul lingkungan perdagangan yang semakin liberal. Lalu bisa meningkatkan kontribusi UKM kepada pertumbuhan ekonomi dan pengembangan UKM ASEAN.

“Sesuai arahan dari bapak Presiden Joko Widodo pertahanan terbaik adalah menyerang. Indonesia harus mampu menyasar pasar ASEAN sebesar kurang lebih 360 juta jiwa,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Program Study Enterpreneurship FE UTM, Faidal, mengatakan, pihaknya akan segera menjalin kerja sama dengan Direktur Ekonomi ASEAN Kemenlu RI. Sehingga para UKM siap menghadapi MEA dan mampu bersaing dengan produk dari luar.

“UKM disini nantinya diharapkan lebih kreatif, baik dalam memasarkan produk maupun membuatnya. Untuk itu, kami akan menjalin kerja sama dengan kementerian luar negeri supaya para UKM bisa dibina dan dididik,” paparnya. 

Penulis : Gebril. 
Editor : Gebril

Email Autoresponder indonesia