UN Bukan Lagi Penentu Kelulusan Siswa

566 views

Bangkalan,Maduracorner.com – Ujian Nasional (UN) tingkat SMP pada tahun 2015 ini tetap akan dilaksanakan, UN pada tahun 2015 ini bukan lagi sebagai penentu kelulusan siswa. Tapi kelulusan siswa sepenuhnya mutlak merupakan hak otonomi sekolah. “Soal UN tidak lagi menentukan lulus tidaknya seorang siswa. kelulusan siswa tahun ini sepenuhnya mutlak merupakan hak otonomi sekolah. Semuanya masih sebatas wacana,” ujar Kasek SMPN 1 Sepulu Kecamatan Sepulu, Agus Suripto, Rabu, ( 7/1/2015).

Menurut dia, berita soal UN tidak lagi menentukan kelulusan siswa tersebut. Secara kedinasan belum ada SK dari Disdik Bangkalan. Cuma sudah dimuat di beberapa media nasional. Dimana di jelaskan bahwa badan standar pendidi kan nasional (BSPN) dinyatak telah menuntaskan standart operating procedure (SOP) UN 2015.

Sayangnya hingga kini belum dipublikasikan karena masih harus dikonsultasikan dulu dengan Mendikbud RI. Selain itu, BSNP juga menjelaskan tentang beberapa perubahan dalam SOP UN 2015. Seperti kelulusan siswa mutlak berdasarkan ujian akhir sekolah (UAS). “Cuma secara riel belum tahu, siapa saja yang boleh menggelar UAS pengganti UN 2015. Apakah sekolah yang sudah akreditasi A, B atau C. Kita tunggu saja SK dari Disdik Bangkalan,” pungkas Agus.

Penulis : Aryan
Editor : Sohib

Email Autoresponder indonesia