Untuk Kedua Kalinya PMU Takluk Atas Persipura

402 views
tekanan Persipura soalah tak ada matinya. foto : krism/mc.com

tekanan Persipura soalah tak ada matinya. foto : krism/mc.com

 

Dibekuk Tim Tamu Tiga Gol Tanpa Balas | oleh : krism

Maduracorner.com, Bangkalan – Persipura Jayapura membuktikan kelasnya sebagai Jawara Indonesia Super League (ISL) 2013. Pada lawatan sekaligus laga pamungkasnya di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) Kamis (5/9) sore tadi, tim berjuluk Mutiara Hitam ini sukses membekuk tim tuan rumah Persepam Madura United (PMU) dengan tiga gol tanpa balas. Ketiga gol juara ISL 2013 ini diantaranya tercipta melalui tandukan Ricardo Salampesy di menit 8 babak pertama, sedangkan dua gol lainnya diborong oleh Boaz Salosa masing-masing dimenit 50 dan 68 babak kedua. Kekalahan tim tuan rumah PMU itu merupakan kali kedua setelah pada putaran pertama lalu takluk 4 gol tanpa balas di Stadion Mandala, kandang Persipura.

Dalam laga lanjutan ISL ke-278 di SGB sore tadi, tim tuan rumah berjuluk Sapeh Kerap sejatinya bermain tidak terlalu buruk. Hanya saja, kreasi Zainal Arif dan kawan-kawan mudah sekali dibaca oleh tim tamu. Aliran bola antar lini mudah ditebak oleh para pemain Persipura. Lebih-lebih ketika pemain PMU terlalu berlama-lama menahan bola. Sudah barang pasti bakal direbut dengan mudah oleh Boaz cs. Bahkan hanya dalam hitungan kurang dari 10 menit, tim tamu Persipura membuka keunggulan lebih dulu melalui tandukan pemain belakang, Ricardo Salampesy memanfaatkan tendangan pojok.

Setelah tertinggal 0-1, tim tamu yang kesulitan mengalirkan bola melalui lini tengah. Mencoba mengalihkan serangan dari sektor sayap. Adalah Michael Orah yang mengambil inisiatif serangan dari sektor kanan pertahanan Boaz cs.

Dalam sebuah kesempatan, penetrasi Orah berhasil melewati kawalan lawan yang kemudian dilanjutkan dengan umpan silang ke jantung pertahanan Persipura. Namun sayang, tendangan keras Rossy menyambut umpan Orah masih diblok oleh bek lawan, dimenit ke-12. Berikutnya, proses yang nyaris sama terulang 5 menit berselang, namun kali ini upaya penyelesaian dilakukan Alain Nkong. Lagi-lagi sayang, tendangan on target Nkong berhasil diblok oleh Yoo Jae Hoon, penjaga gawang Persipura. Meski bola hasil tepisan rebound itu mengarah ke kaki Zainal Arif, namun aksi gemilang kiper asal korea itu mampu menyelamatkan tembakan Arif. Aksi duo striker Zainal Arif dan Nkong inipun terulang untuk kedua kalinya di penghujung babak pertama, namun lagi-lagi gagal dikonversi menjadi gol. Tembakan Nkong yang memanfaatkan assist terobosan Abo-panggilan akrab Zainal Arif, masih bisa diamankan oleh kiper Yoo Jae Hoon.

Selanjutnya di babak kedua, aksi Boaz dan kawan-kawan nampak lebih beringas seolah baru mendapatkan energy charges. Itu terlihat dari cara mereka melakukan tekanan yang tanpa henti sejak peluit babak kedua dibunyikan Najamuddin Aspiran, wasit asal Balikpapan. Bahkan selama 5 pasca turun minum, kreasi Boaz, Zah Rahan, Jun Sik Lim dan Gerard Pangkali mencatatkan sedikitnya 3 kali tembakan mematikan meski bisa diblok keluar oleh Alfonsius Kelvan, kiper PMU. Baru kemudian di menit ke-50, Alfon dipaksa memungut bola dari gawangnya sendiri menyusul aksi individu Boaz yang berhasil membongkar pertahanan PMU. Hingga kemudian dengan mudahnya, striker berlabel best player ISL 2013 ini melesakkan golnya ke pojok kiri gawang Sapeh Kerap. Skor 0-2 untuk keunggulan ganda tim tamu.

Sejauh itu, kesebelasan tuan rumah masih belum mampu membongkar kokohnya pertahanan Mutiara Hitam. Berkali-kali upaya tekanan selalu saja kandas dan berakhir di ‘tangan’ Bio Paulin Pierre, bek jangkar Persipura. Termasuk upaya tekanan melalui bek sayap spesialis kaki kiri, Michael Orah. Kesan yang nampak pada laga sore itu, tuan rumah terlihat kehabisan akal untuk menaklukkan kokohnya pertahanan Persipura. Sebaliknya, kreativitas Boaz yang tak kenal lelah naik turun saat menyerang maupun bertahan justru menjadi momok  lahirnya gol ketiga di menit ke-68. Berawal dari  sebuah penetrasi Riky Kayame, pengganti Imanuel Wanggai melalui sektor kiri pertahanan PMU. Berbuah umpan matang ke kaki Boaz, seketika itu juga bola dilesakkan ke pojok kanan gawang Alfon. Gol kedua Boaz ini membuat tim ruan rumah semakin tertinggal jauh dengan skor 0-3 hingga menit terakhir.(krs)