Upaya Dongkrak PAD, Komisi B Panggil 2 BUMD

623 views
komisi B panggil BUMD. foto : krs/mc.com

komisi B panggil BUMD. foto : krs/mc.com

Hearing Corporate Plan | oleh : krism

Maduracorner.com, Bangkalan-Komisi B DPRD Bangkalan memanggil dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di Bangkalan, yakni PDAM dan PD Sumber Daya. Bersama unit Setda Bangkalan, kedua BUMD teresbut diminta Komisi B mempresentasikan corporate plan tahun 2013.

Untuk PDAM, tahun 2013 ini memasang target 1000 unit pemasangan baru. ”Jadi 2013 kami targetkan 1000 pemasangan baru, dimana hingga saat ini sudah ada 500 orang mendaftar dan baru 200 unit yang terpasang,” papar Sutrisno, Direktur PDAM.

Sedangkan sisanya, lanjut mantan Kabag Keuangan setda, masih dalam tahap survey. Dia kemudian menambahkan, tahun 2013 ini pihak PDAM mendapat pasokan anggaran pemasangan jaringan dari pemerintah pusat dan daerah. Peruntukannya nanti akan digunakan untuk pelanggan di kawasan kecamatan  Kamal sebesar Rp 1,2 miliar, sedangkan Bangkalan diproyeksi sebesar Rp 1,3 miliar.

Berbeda dengan PDAM, PD Sumber Daya justru belum menyampaikan corporate plan kepada komisi DPRD yang membidangi perekonomian dan keuangan. Hanya saja, sang direktur Abdul Hakim berupaya meyakinkan bahwa pihaknya berjanji akan mengembangkan unit bisnis PD Sumber Daya.

“Dari yang sebelumnya hanya pengadaan ATK menjadi 4 bidang bisnis lain seperti properti, SPPBE, kontraktor dan pengadaan obat-obatan,”terang Hakim-sapaan Abdul Hakim.

Dengan suplai modal awal yang hanya Rp 100 juta dari APBD, Hakim berargumen pihaknya akan menggandeng investor untuk mewujudkan pengembangan unit usaha PD Sumber Daya.

“Pokoknya, dalam setahun ini kami akan berupaya merealisasikan 2 bidang usaha baru yakni SPPBE dan kontraktor,”ujarnya.

Seusai hearing, Ketua komisi B Abd Rofik kepada wartawan menjelaskan bahwa pemanggilan pihak BUMD itu dalam rangka mendongkrak pencapaian pendapatan asli daerah (PAD) Bangkalan.(krs)

Email Autoresponder indonesia