US SMP Sederajat Dilaksanakan Serentak

745 views
siswa saat mengikuti ujian sekolah-foto: Aryan/MC.com

siswa saat mengikuti ujian sekolah-foto: Aryan/MC.com

Hari Ini US SMP Terakhir | Oleh :Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Sebanyak 195 lembaga SMP sederajat dengan jumlah siswa sebanyak 9.468 orang saat ini mengikuti ujian sekolah (US) yang dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Bangkalan, US tersebut dilaksanakan selama 4 hari. Salah satu sekolah yang siswanya tengah mengikuti US adalah SMPN 1 Kwanyar Kecamatan Kwanyar. Jumlah siswa yang mengikuti US sebanyak 227 orang siswa.

“Hari ini merupakan hari terakhir bagi siswa SMP kelas IX mengikuti US yang dilaksanakan secara serentak sejak tanggal 24 hingga 27 Maret,” terang kepala sekolah SMPN 1 Kwanyar, Asmad Septiyoso, Kamis, (27/3).

Dijjelaskan dia, jumlah mata pelajaran (mapel) yang diikutkan pada pelaksanaan US ini sebanyak 13 mapel, didalamnya sudah termasuk 4 mapel yang ditetapkan sebagai bahan materi pada ujian nasional (UN) SMP, . Adapun jenis mapel yang di ikutkan pada US tahun ini diantaranya,
Pendidikan Agama Islam (PAI), Bahasa Daerah (muatan lokal),Keterampilan, IPS,PKN, Penjas, IPA, Tehnik Ilmu Kompeter (TIK), Senin dan Budaya (Senbud), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

“Sebelum pelaksanaan US, siswa SMPN 1 Kwanyar sudah dua kali mengikuti tryout yang digelar SMPN 1 Kwanyar bekerjasama dengan penerbit buku Erlangga Surabaya. Tryout tersebut dimaksudkan sebagai bekal menimba pengalaman bagi siswa sekaligus memperkenalkan model soal dan tehnik menjawab pertanyaan yang benar,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan kasek SMPN 1 Tragah Kecamatan Tragah, Amirullah melalui salah satu stafnya Suparni. Diinformasikan bahwa sebanyak 217 siswa yang terdiri 194 SMPN 1 Tragah dan 23 siswa SMP Terbuka juga mengikuti US SMP sederajat dari tanggal 24-27 Maret 2014. “Tiga kali berturut- turut pada tahun sebelumnya, siswa kami selalu lulus 100 persen. Harapan yang sama pada UN 2014 juga bisa lulus 100 persen,” pungkas Sukarni. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia