Usaha penjualan Limbah Bulu Ayam Pedaging, Menjanjikan

2012 views

Usaha penjualan  Limbah Bulu Ayam : Oleh Aryan

limbah bulu ayam pedaging yang akan dikirim ke Surabaya-Foto :Sumaryanto/MC.com

limbah bulu ayam pedaging yang akan dikirim ke Surabaya-Foto :Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Usaha penjualan limbah bulu ayam pedaging milik Rofi’i jalan Trunojoyo III/25, merupakan satu-satunya usaha yang ada dikota Bangkalan yang cukup menjanjikan. “Usaha limbah bulu ayam pedaging saya ini, satu-satunya di kota Bangkalan. Alhamdulillah usaha saya ini tidak ada saingan dan berjalan lancar mas,” ujar Rofi’i saat dijumpai MC.com ditempat penyimpanan limbah bulu ayamnya di area pacuan kuda Kelurahan Kemayoran Kecamatan Bangkalan, Minggu (10/2/2013).
Menurut dia, usaha limbah bulu ayam itu pernah ditempatkan dirumahnya, akan tetapi karena menimbulkan bau yang mengengat,  ia diprotes oleh warga sekampungnya, akhirnya usaha limbah bulu ayamnya dipindah ke lahan pacuan kuda yang luas yang selama ini belum dipakai. “Walaupun masih bau namun yang penting tidak sampai mengganggu sebab dikanan kiri lapangan pacuan kuda yang sekarang ini jauh dari perumahan warga,” tuturnya.

Dijelaskan, setiap bulan sekali sekitar 5 – 6 ton limbah bulu ayam potong itu dikirim kelangganan tetapnya di kotaSurabaya dengan harga Rp.500/kg. “Lumayan mas, rata-rata perbulannya penghasilan bersih saya sekitar Rp. 2 juta. Rinciannya penghasilan kotor Rp. 3 juta – dipotong ongkos angkut dari Bangkalan ke Surabaya Rp.500 ribu, ongkos buruh sekali angkut Rp. 300 dan pengeluaran lainnya Rp.200 ribu,” terangnya.

Soal pembelian limbah bulu ayam pedaging, menurut dia tidak pernah mengalami kesulitan karena dia sendiri juga sebagai pedagang ayam potong dan tinggal mengambil ditemannya sesama pedagang ayam potong di Kecamatan Arosbaya, Kamal dan Tanah Merah. “Paling saya hanya memberi uang rokok saja mas sebagai ucapan terima kasih,” ungkapnya. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia