Usulan Syaichona Cholil sebagai Pahlawan Nasional Tinggal Selangkah Lagi

Foto bersama Tokoh nasional yang hadir langsung yakni Menkopolhukam RI Mahfud MD, Menteri Agama KH Yaqut kholil Qoumas, Kadinsus 88 Irjen Pol Marthius Hukom, Gubernur Jawa Timur Khofifa Indar Pawansah, Kapolda Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya.

BANGKALAN, Maduracorner.com, Usulan pengajuan Syaichona Moh. Cholil sebagai pahlawan nasional dari Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. makin menguat.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri acara Musyawarah Besar (Mubes) II di Pondok Pesantren (Ponpes) Syaichona Moh. Cholil. Pada Minggu (25/9/ 2022).

Bacaan Lainnya
umroh

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, Gelar pahlawan terhadap Syaichona Moh. Cholil Bangkalan sudah saatnya di torehkan dan terwujud.

“Mbah Cholil sudah banyak melahirkan santri-santri yang sudah menorehkan sejarah besar untuk Bangsa Indonesia, maka dari pesan-pesan beliau harus kita sampaikan pada masyarakat,”ungkapnya.

Gubernur Khofifah menyebutkan, bahwa santri-santri dari Mbah Cholil ini tidak hanya terfokus pada pemikiran keagamaan semata, melainkan juga ada pemikirkan tentang kenegaraan dan kebangsaan.

“Dari situ sudah jelas, bahwa kita sudah banyak melihat, jejak dan pemikiran Mbah Cholil Bangkalan ini, dari situ pulalah kita menilai, sudah saatnya beliau mendapatkan anugerah gelar pahlawan nasional, Insya’Allah tinggal selangkah lagi,” kata Khofifah.

Ibu Gubernur juga menilai, pemikiran hingga jejak langkahnya Syaichona Moh Cholil, sudah tidak ada lagi kekurangan syarat untuk menganugerahkan Mbah Cholil sebagai pahlawan nasional.

“Kita doakan saja biar gelar pahlawan ini secepatnya terwujud,” imbuhnya.

Sementara itu, KH Mohammad Nasih Aschal menyebutkan, terkait gelar pahlawan terhadap Syaichona Moh Cholil, sejauh ini sudah ada sinyal untuk penganugerahan gelar pahlawan terhadap Mbah Cholil tersebut.

“Tadi di hadapan para tamu undangan sudah saya sampaikan, dan semuanya ternyata sudah sepakat untuk memberikan gelar pahlawan kepada Syaichona Moh Cholil,” tandasnya.

Diketahui, Musyawarah Besar (Mubes) II di hadiri oleh tokoh nasional yang hadir langsung antara lain Menkopolhukam RI Mahfud MD, Menteri Agama KH Yaqut kholil Qoumas, Kadinsus 88 Irjen Pol Marthius Hukom, Gubernur Jawa Timur Khofifa Indar Pawansah, Kapolda Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya, serta para tokoh ulama lainnya. (Ris)

Pos terkait