Vihara Avalokitesvara di dalamnya terdapat bangunan Musholla dan Pura

Lokasi Pura paling dekat dengan Vihara I By :  —ViharaVihara Avalokitesvara Candi Pamekasan, terletak di sebelah timur, sekitar 18 kilometer dari Kota Pamekasan. Bangunan yang didirikan pada abad 17 atau sekitar tahun 1700 sebelum Masehi terletak di Dusun Candi, Desa Polagan, Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan Madura di atas tanah seluas 3 hektare.

Uniknya, di Vihara Avalokitesvara Candi Pamekasan yang notabene sebagai tempat ibadah umat Buddha, juga terdapat tempat ibadah untuk umat beragama lain, yaitu Pura untuk umat Hindu dan Mushalla untuk umat Islam. Rencananya akan dibangun lagi sebuah gereja untuk umat Nasrani.

Dibandingkan dengan Vihara sendiri, musholla yang ada ada di lingkungan Vihara Avalokisvara Candi Pamekasan, memang tidak terlalu besar. Berukuran hanya 4×4 meter. Akan tetapi, pihak Vihara, menyediakan perlengkapan ibadah di musholla ini. Tempat berwudlu, sajadah, mukena dan tasbih. Jarak musholla dengan Vihara hanya sekitar 10 meter yang terbatas oleh dinding.

Lokasi Pura paling dekat dengan Vihara. Ukuran Pure lebih kecil dari musholla, yakni hanya 3×3 meter. Pembangunan Pura sendiri, sebenarnya atas prakarsa Kapolwil Madura saat itu, yang berasal dari Bali dan menganut Agama Hindu yang menyarankan membangun Pura.

MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) telah mencatat, bahwa Vihara Avalokistesvara Candi Pamekasan merupakan sebuah vihara terunik, karena di dalamnya terdapat bangunan Musholla dan Pura. Hal ini merupakan sebuah simbol kerukunan umat beragama yang penganutnya hidup rukun dan berdampingan.