Viking Madura Berbagi Takjil, Presiden K-Conk Ikut Serta

666 views
Bagi-Bagi Takjil Viking Madura dan K-Conk di Alun-Alun Kota Bangkalan

Bagi-Bagi Takjil Viking Madura dan K-Conk di Alun-Alun Kota Bangkalan

Bentuk Solidaritas Sosial Suporter Sepakbola | Oleh Mamad el Shaarawy

maduracorner.com, Bangkalan – Fans atau supporter sepakbola di Indonesia tidak hanya identik dengan fanatisme pada tim kesayangannya semata. Mereka juga menunjukkan bahwa mereka memiliki sensitifitas sosial tinggi pada masyarakat di sekitarnya. Salah satunya ditunjukkan oleh Viking Madura, fans klub Persib Bandung yang berbasis di Madura. Puluhan suporter yang identik dengan kostum warna biru milik Persib tersebut menggelar bagi-bagi takjil di Kota Bangkalan (17/7).

Sebanyak 300 bungkus takjil beserta air mineral, mereka bagikan di sekitar perempatan lampu merah alun-alun Kota Bangkalan. Sasarannya adalah warga atau para pengedara yang kebetulan melintas menunggu beduk maghrib. Takjil berupa kolak dan es buah itu ludes dalam waktu sekejap.

Nasir, salah seorang anggota Viking Madura menuturkan, takjil buka puasa ini dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya sebagai agenda sosial di bulan ramadhan. Bianya nya pun berasal dari hasil urunan antar anggota Viking Madura. “Hasil urunan kawan-kawan. Alhamdulillah bisa terkumpul dananya dan kita wujudkan dalam bentuk takjil. Jumlahnya tak seberapa, yang penting niat ikhlas”,ujar pria yang biasa dipanggil Acheng tersebut kepada maduracorner.com.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk perwujudan jiwa sosial para supporter sepakbola. “Sehingga kita (supporter) tidak hanya identik dengan hingar bingar dukungan pada klub kesayangan kita. Tapi kita juga memiliki jiwa sosial yang dipraktekkan secara nyata pada masyarakat”,terang Acheng.
 
Ia menambahkan, agenda bagi-bagi takjil semacam ini, sudah biasa dilakukan oleh kelompok supporter lain di Indonesia. “Kawan-kawan supporter di kota lain juga demikian. Jadi bukan hanya kami. Dan ini merupakan langkah bagus biar masyarakat lebih bisa memberi nilai positif bagi keberadaan kami selaku supporter sepakbola”,tambahnya.

Selain anak-anak Viking Madura, tampak pula sejumlah supporter K-Conk ikut membagikan takjil tersebut. Bahkan, Presiden Mabes K-Conk Jimhur Saros juga terlihat diantara mereka. “Kami datang sebagai bentuk solidaritas saja. Karena waktu kita (K-Conk) bagi-bagi takjil tempo hari, sebagian anak Viking juga hadir”,kata Jimhur Saros.

Jimhur berharap, kegiatan sosial bisa ditingkatkan oleh kalangan kelompok supporter demi mengikis kesan jelek pada supporter sepakbola. “Semisal menggelar kunjungan dan memberi bantuan ke panti asuhan juga bisa dilakukan. Ini menjadi penting. Karena selain memupuk rasa solidaritas antar anggota juga menanamkan jiwa sosial pada kita. Belum lagi, masyarakat akan memberi penilaian lebih positif bagi supporter”,pungkasnya. (mad)

Email Autoresponder indonesia