VO2Max Sepuluh Pemain P-MU U21 Dibawah Standart

632 views

Hasil Evaluasi Terakhir Staff Pelatih | Oleh Mamad el Shaarawy 

maduracorner.com, Pamekasan – Skuad Persepam Madura United Ngodeh (PMU U-21) yang ikut pemusatana latihan di Sumenep menjalani evaluasi terakhir terkait kondisi fisik mereka. Dari 37 pemain yang tercatat sebagai pemain PMU U-21, tiga diantaranya tidak mengikuti tes. Dua pemain karena sedang dimagangkan di tim PMU Senior, sementara satu pemain lainnya tidak ikut test, yakni Dwi Astono.
 
Hasilnya, test VO2Max pemain belum menunjukkan angka maksimal. Dari hasil test tersebut, sebagaimana disampaikan Dedik Kurniawan, asisten pelatih P-MU U21, terdapat sebanyak 10 pemain yang hasil test VO2Maxnya dibawah angka 50. Padahal, angka 50 hasil test VO2Max tersebut menjadi salah satu poin untuk menilai kebugaran fisik pemain untuk bisa mengikuti ketatnya kompetisi ISL U-21 musim ini. “Dari sepuluh pemain yang hasil test VO2Maxnya di bawah 50 terpaksa untuk diistirahatkan lebih awal,” ujar Dedet, sapaan akrabnya.

Dedet menjelaskan, latihan VO2Max merupakan latihan paling efektif dibandingkan latihan lain dalam meningkatkan performa olahraga untuk ketahanan berintensitas tinggi.

Bahkan beberapa waktu yang lalu, atlet timnas sepakbola Indonesia pun menjalani tes guna mengetahui level VO2Max yang mereka capai. “Ini salah satu patokan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik. Jadi memang penting bagi setiap pemain”,jelasnya pada maduracorner.com, minggu petang (13/4).

Ia melanjutkan, VO2Max merupakan volume maksimal O2 yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan intensif seperti halnya olahraga. Bisa dibilang, VO2Max ini adalah suatu tingkatan kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter per menit atau milliliter/menit/kg berat badan. “Kami akan terus usahan standart ini ditingkatkan dengan serangkaian latihan fisik”,pungkasnya. (mad)
 
10 Pemain Dengan Test VO2Max Di Bawah 50
Ubaidirrahman 42,8
Syafi
’I  45,3Achmad Effendi
 48,21Nur Salim 48,76
Moh Suhriyanto
 48,69Moh. Doi 47,92
Irsyadul Anam 47,39
Rifki 45,63
Ferdian Abi 47,41
Hisam 49,21
 
Tidak Ikut Test
Dwi Astono