Wabup Berharap Gema Cerdas Gunakan Obat Secara Tepat

878 views

SUMENEP,MADURACORNER.COM.MADURACORNER.COM.Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Kesehatan mengadakan Pencanangan Program Gerakan Masyarakat (Gema) Cerdas Menggunakan Obat dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman, dan keterampilan masyarakat menggunakan obat secara tepat dan benar.
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH mengatakan, kegiatan itu adalah upaya bersama pemerintah dan masyarakat untuk memberikan pengetahuan terkait kandungan dalam obat, khasiat, dosis, cara menggunakan, dan efek samping.
“Diharapkan dengan kegiatan itu, masyarakat cerdas menggunakan obat artinya tahu cara memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan, hingga membuang obat, masyarakat pun harus paham obat untuk penyakitnya dan cara menggunakannya,” jelas Wakil Bupati di sela-sela Pembukaan Pencanangan Program Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat di Hotel C1, Rabu (24/04/2019).
Ia menyampaikan, saat ini, masyarakat melakukan pengobatan sendiri, sebagai upaya yang paling banyak dilakukan masyarakat untuk mengatasi keluhan atau gejala penyakit, sehingga masyarakat perlu pemberdayaan tentang penggunaan obat secara rasional, baik itu jenis dan jumlah obat yang diperlukan harus berdasarkan kerasionalan.
“Masyarakat sebelum memutuskan mencari pertolongan ke pusat pelayanan kesehatan dan petugas kesehatan, mempraktekkan pengobatan sendiri dengan membeli obat di apotek atau toko, bahkan diantara mereka mengandalkan obat modern,” imbuh suami Nia Kurnia ini.
Wakil Bupati menandai dimulainya pencanangan program gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat dengan pemukulan gong. Peserta kegiatan itu juga melibatkan organisasi masyarakat, seperti Tim Penggerak PKK Sumenep, Muslimat, Dharma Wanita, Fatayat dan Aisyah termasuk Apoteker.
Wakil Bupati berharap kalangan apoteker di Sumenep turut aktif melakukan kegiatan preventif dan promosi kesehatan, dengan mendatangi masyarakat melalui program itu, mengingat keberadaan apoteker lebih dekat dengan masyarakat yang merupakan bagian dari kegiatan promotif-preventif dalam hal penggunaan obat secara benar.
“Selain itu, kami minta apoteker bisa menjadi mitra yang sinergis dengan Puskesmas dalam mengoptimalkan pelayanan kefarmasian bagi masyarakat. Sekaligus apoteker melakukan praktik kefarmasian yang profesional, bertanggungjawab dengan melakukan pelayanan langsung pada pasien,” pungkas pengusaha muda sukses ini

Email Autoresponder indonesia