Warga 3 Desa di Wilayah Pantura Bangkalan Waspada Banjir

766 views

image

Bangkalan,maduracorner.com – Waspada banjir! Peringatan ini harus mulai diantisipasi warga di beberapa desa di Arosbaya. Pasalnya, sungai Arosbaya mulai meluap, rabu (18/2/2015) pagi. Sedikitnya 3 desa yang harus mewaspadai meluapnya sungai yang terletak di perbatasan antara Kecamatan Arosbaya dengan Kecamatan Klampis ini. Yaitu desa Tengket, Buduran dan desa Arosbaya sendiri.

“Seperti pengalaman banjir sebelumnya, jika ketinggian air di sungai Arosbaya ini sudah mencapai ketinggian 4 meter, maka Itu pertanda warga di 3 desa tersebut harus sudah mulai siaga. Kami pun mulai mengingatkan warga untuk mewaspadai ancaman bahaya banjir ini”,ujar Moh.Holil, salah seorang warga yang tinggal dekat sungai Arosbaya ini.

Sementara itu, Camat Arosbaya Iwan Setiawan membenarkan bahwa sungai Arosbaya memang mulai meluap berdasarkan laporan staff-nya. Luapan ini berasal dari daerah Geger dan sekitarnya yang merupakan dataran tinggi.

“Jadi meski wilayah kami (Arosbaya) tidak turun hujan, tapi bisa saja akan terjadi banjir. Lebih-lebih bila disertai hujan deras turun disini. Ketinggian banjir bisa mencapai 50 cm dan meluber hingga kedalam rumah warga”,terang Iwan Setiawan.

Pihak kecamatan pun mulai melakukan peringatan dini terhadap warganya. Termasuk melakukan koordinasi dengan tim penanganan bencana untuk mewaspadai ancaman banjir ini. “Secepatnya kami membuat peringatan pada warga serta sosialisasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan”,tutur mantan Camat Konang tersebut. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia