Warga Kecamatan Socah Rayakan Lebaran Ketupat Dengan Parade Dokar Hias

Warga Kecamatan Socah Rayakan Lebaran Ketupat Dengan Parade Dokar Hias-foto: Nizam/MC.com

Warga Kecamatan Socah Rayakan Lebaran Ketupat Dengan Parade Dokar Hias-foto: Nizam/MC.com

Warga Empat desa ikuti Parade Dokar Hias. I Oleh ; Nizamuddin.


Maduracorner.com, Bangkalan -Lebaran Ketupat bagi sejumlah warga di Madura merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu selain Hari Raya Idul Fitri. Termasuk bagi warga di empat Desa, Sanggra’agung, Parseh, Jaddih, dan Bilaporah Kecamatan Socah.

Mereka berkumpul dipinggir jalan, untuk menyaksikan parade dokar dan cikar hias. Dimulai dari Desa Parseh yang menjadi garis start keberangkatan, sedikitnya 50 angkutan darat tradisional maupun modern yang sudah dihias dengan beragam bentuk itu sudah ditunggu warga sejak pukul 06.00 WIB.

Warga yang terdiri dari kaum ibu, bapak, hingga anak-anak berkerumun di pinggir jalan sepanjang kurang lebih 5 km hingga garis finish di Desa Bilaporah. Senda gurau diiringi gelak tawa hinggi bertukar pengalaman di tanah rantau menggambarkan keakraban yang hanya bisa dirasakan setahun sekali, yakni saat Lebaran Ketupat atau Tellasen Topa’.

”Alhamdulillah, silaturrahmi yang dimulai sejak tahun 1950-an ini bisa terus berlangsung hingga sekarang. Tak ada tujuan lain kecuali lebih mengeratkan tali persaudaraan antar warga,” ungkap panitia pelaksana, Muhammad Umar.

Kemacetan yang tak pernah terjadi di hari-hari biasa menjadi pemandangan menyenangkan bagi mereka. Terlebih saat parade hias cikar dan dokar tiba di depan Pasar Jaddih.

”Seakan sudah menjadi ‘kewajiban’ setahun sekali. Saat seperti ini bisa bertemu keluarga, teman-teman semasa kecil, atau warga luar daerah yang sekedar datang untuk melihat acara ini,” ujar Nur Aini salah seorang warga Jeddih.(nzm/shb).