Warga Keluhkan Harga Beberapa Kebutuhan Pokok Masih Tinggi

878 views
image

penjual sembako

Bangkalan, maduracorner.com – Warga kota Bangkalan mengeluhkan harga beberpa kebutuhan pokok yang masih cukup tinggi. Seperti beras, minyak goreng, cabe merah kriting, daging sapi maupun daging ayam potong di Pasar Ki Lemah Duwur (KLD) Bangkalan. Padahal masyarakat sangat berharap, harga-harga sembako tersebut bisa turun usai hari raya Iedul Fitri lalu.

Namun harapan tersebut tinggal mimpi. Karena kenyataannya, harga malah terus melambung. “Harga cabai merah keriting saat ini naik drastis dari Rp 20 ribu sesudah lebaran menjadi Rp 65 ribu/kg saat ini”,terang Endang, salah seorang warga Perumahan Nilam Bangkalan kepada maduracorner.com saat ditemui di depan pasar, senin (17/8/2015).

“Harga daging sapi juga begitu. Dari Rp 90 ribu malah naik menjadi Rp 110 ribu/kg. Daging ayam potong juga naik dari Rp 22 ribu menjadi Rp 36 ribu. Termasuk juga beras dari Rp 9.500 menjadi Rp 10.500/kg,”keluhnya lagi.

Endang menuturkan, kenaikan ini terjadi dimungkinkan karena stok komuditi beberapa kebutuhan pokok mulai menipis di kalangan petani. Sehingga harga pun naik tanpa terkendali. “Ironisnya, tak ada campur pemerintah untuk menstabilkan harga. Pemerintah seharusnya bertindak cepat. Kasihan masyarakat kecil seperti kita-kita ini, mas”kritiknya.

Sementara itu salah satu penjual sembako di KLD Bangkalan, Hj. Soleha mengatakan, kenaikan harga sembako sangat tergantung dari harga kulakan. Jika harga kulakan naik, maka praktis harga di pasar pun mengikuti. “Kita mengikuti hukum pasar saja. Bila kulakan kita turun, maka pasti harga di pasar juga turun. Begitu juga sebaliknya,”tandasnya. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Shaarawy

Email Autoresponder indonesia