Warga Martajasah, Sediakan Penginapan Murah Bagi Peziarah Berkantong Tipis

Penginapan Bagi Peziarah | Oleh : Aryan

Salah saru rumah Iqbal yang disulap menjadi penginapan murah-Foto : sumaryanto/MC.com.

Salah saru rumah Iqbal yang disulap menjadi penginapan murah-Foto : sumaryanto/MC.com.

Maduracorner.com,Bangkalan– Semakin ramainya kunjungan wisata religius ke Pesarean Syaichona Moh Kholil Bin Abdul Latif di Desa Mertajasah Kecamatan kota Kabupaten Bangkalan. Dimanfaatkan warga yang tinggal di sekitar masjid untuk menyewakan rumahnya bagi para peziarah. Sontak saja rumah warga di sekitar pesarean Syaichona Kholil disulap menjadi  tempat penginapan.

Salah seorang warga itu adalah Moh.Iqbal yang mempunyai rumah disebelah utara masjid Mubarok itu, menyediakan satu bangunan rumahnya berukuran 12 x 6 meter, disulap menjadi rumah penginapan bagi peziarah yang hendak bermalam. “Saya sengaja menyediakan tempat penginapan murah bagi para peziarah yang berkantong tipis. Saya juga menjual cindra mata berupa kemeja dan baju yang berciri khas Madura,” kata Iqbal kepada MC. com, Minggu (24/02).

Menurut dia, tidak semua peziarah yang berkunjung ke pesarean Syaichona Moh.Kholil selama ini, orang yang berduit, akan tetapi sebagian besar mereka dari kalangan masyarakat biasa yang datang secara rombongan dengan memakai bus pariwisata jumbo maupun bus mini dengan jumlah penumpang antara 25- 50 orang.

Para peziarah itu  biasanya banyak yang mencari penginapan sederhana dan murah. Berangkat dari itulah kata Iqbal, kemudian muncul ide untuk menyediakan penginapan murah lengkap dengan fasilitas MCK – nya.

Dijelaskan dia, jasa penginapan miliknya yang sudah berjalan selama 2 tahun itu, kebanyakan disewa oleh para peziarah yang berasal dari daerah Jateng, Jabar, Jakarta dan Sumatera. “Sewa penginapan saya ini tidak menghitung dari jumlah orangnya tapi dari satu rombongan bus yang dipakai dengan tarif Rp.300 ribu permalamnya, tanpa service lainnya,” pungkas  Iqbal. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia