Warga Muslim, Ayo Salat Gerhana!

1251 views

image

Sampang, maduracorner.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC. NU) Kabupaten Sampang mengintruksikan agar seluruh umat Islam di Kabupaten Sampang menggelar salat kusuf atau salat gerhana matahari dan juga istighosah.

Amal ibadah saat gerhana matahari berupa pembacaan doa atau istighosah, dimaksudkan untuk bermunajat memohon kepada Allah SWT, agar di Kabupaten Sampang tidak lagi terjadi bencana. Terutama bencana banjir yang beberapa hari lalu merendam Kota Sampang.

Sekertaris Jenderal PC. NU Sampang Mahrus Zamroni menuturkan, instruksi tersebut sudah disampaikan kepada seluruh Majelis Wakil Cabang (MWC) NU dan ranting NU se-Kabupaten Sampang yang selanjutnya akan diteruskan kepada masyarakat.

“Menurut hitungan ilmu falak, InsyaAllah wilayah Kabupaten Sampang akan terjadi gerhana matahari sebagian pada tanggal 9 Maret mendatang. Dimana matahari mulai gelap dari sebelah utara,” terang Mahrus, Minggu (06/03/2016).

Mahrus menerangkan, fenomena gerhana matahari merupakan pesan alam kepada manusia untuk dijadikan bahan introspeksi diri. Bahwa ada apa sebenarnya dengan fenomena-fenomena alam ini.

“Momentum fenomena alam ini harus kita tangkap dengan kesadaran batin dan kesadaran spritual salah satunya dengan salat kusuf dan istighosah. (Masyarakat) Sampang harus introspeksi diri, banjir yang baru saja terjadi semoga tidak ada banjir susulan,” harapnya.

Pada saat terjadi gerhana matahari nanti, kegiatan salat kusuf dan istighosah tidak hanya dilaksanakan oleh masyarakat di masjid atau musola, namun juga ratusan pondok pesantren se-Kabupaten Sampang juga akan melaksanakan hal serupa. (aji)

Editor: Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia