Warga Nilam Gelar Manasik Haji, sebelum Sembelih hewan Kurban

Maduracornerner.com,Bangkalan – pada lebaran Idul dha ini, warga Perumahan Nilam,  Kelurahan Mlajah, Kecamatan Kota, Bangkalan juga menyembelih hewan kurban, namun sebelum penyembelihan dilakukan warga setempat masih sempat memberikan pendidikan manasik haji pada siswa madrasah Al Mukhlisin yang berlokasi di musholla setempat. Para siswa belajar melaksanakan salah satu rukun haji yaitu towaf atau mengelilingi
ka’bah dan lempar jumroh.
Kemudian serangkaian kegiatan ibadah haji lain dan ditutup dengan pemotongan sapi jantan, yang mempunyai bobot sekitar 300 kilogram (kg). Hewan tersebut merupakan bantuan dari Bupati Bangkalan, RKH Fuad Amin Imron.
penyerahan hewan kurban dari orang nomer satu dilingkungan pemkab Bangkalan itu diserahkan melalui Lurah Mlajah, Ach Siddik, kepada Pengasuh Madrasah Al Mukhlisin, Abdussalam.
“Kita ingin mengenalkan rukun islam yang kelima (naik haji bila mampu) pada siswa. Kita tidak mungkin ke lokasi yang
sebenarnya (Mekkah). Maka dari itu, kita buat miniatur lalu menggelar manasik haji disini,” terang Abdussalam.
Sekretaris RW 4 Perum Nilam, Kelurahan Mlajah, Mohammad  Mosleh, mengatakan, pelaksanaan manasik haji tersebut  dimulai dari wukuf di padang Arafah. Selanjutnya melempar  jumroh serta towaf.
”Disusul lari-lari kecil dari Safa ke Marwah. Jadi semuanya dipraktekkan disini. Kemudian diakhiri dengan penyembelihan hewan kurban. Kami ucapkan terima kasih atas bantuan sapi ini,” ucapnya.
Sementara itu, Lurah Mlajah, Ach Siddik, menyatakan,  pemberian hewan kurban merupakan bentuk kepedulian dari  Bupati Bangkalan terhadap masyarakat. Pada momen Hari Raya Idul Adha, beliau juga memberikan bantuan hewan kurban ke  warga yang lain.
“Masyarakat sangat senang dengan adanya bantuan sapi  kurban dari bapak Bupati. Semoga dengan adanya bantuan ini  masyarakat bisa berbagi. Dan warga yang kurang mampu bisa  merasakan berkah dari Hari Raya Idul Adha,” Mantan  Kepala Pasar Ki Lemah Duwur itu. (is/min)
Email Autoresponder indonesia