Warga Pamekasan Amati Gerhana Matahari dengan Kardus Bekas

1013 views

image


Warga Pamekasan Amati Gerhana Matahari dengan Kardus Bekas

Pamekasan, Maduracorner.com – Sejumlah warga di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur memadati pantai Talang Siring di Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur untuk mengamati gerhana matahari total (GMT).

Karena keterbatasan alat, sejumlah warga yang penasaran dengan penampakan gerhana matahari menggunakan kardus bekas sebagai alat pantau gerhana. Namun kardus ditutup dengan kertas HVS dan alumunium foil yang sudah dilubangi.

Selain menggunakan kardus bekas, beberapa warga juga memakai bekas rontgen untuk mengamati gerhana. Namun ada juga warga yang menggunakan kacamata anti radiasi yang disiapkan oleh komunitas astronomi dan falakiyah.

Menurut Syifaus Sodiq, salah satu warga yang ditemui di Talang Siring, pengamatan dengan kardus bekas kurang memuaskan. Sebab penampakan gerhana matahari kurang jelas terlihat. Menurutnya tetap lebih bagus dengan menggunakan kacamata.

”Kalau pakai kardus bekas kurang bagus, lebih bagus menggunakan kacamata. Soalnya kalua pakai kardus tidak terlalu jelas,” katanya kepada wartawan, Rabu (9/3/2016).

Namun demikian dirinya mengaku senang bisa mengamati gerhana matahari secara langsung karena merupakan pengalaman pertama bagi dirinya.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali
Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia