Warga Pamekasan Gelar Okol Untuk Minta Hujan

667 views

image

Pamekasan, Maduracorner.com – Warga Dusun Akkor Daya Kecamatan Palengaan Pamekasan memiliki cara tersendiri untuk meminta hujan pada musim kemarau tahun ini. Mereka menggelar tradisi okol di ladang milik warga, Jumat (24/10/14).

“Okol” merupakan pertandingan sejenis gulat satu lawan satu. Pesertanya bebas, diikuti usia remaja hingga dewasa. Peserta hanya menggunakan celana pendek tanpa pengaman. Menurut Rosidi, salah satu panitia yang merupakan tokoh masyarakat setempat, pertandingan okol diikuti oleh 7 kecamatan. Yakni Pakong, Pegantenan, Palengaan, Proppo, Pamekasan, Larangan dan Pademawu.

“Tradisi ini selain untuk meminta hujan juga untuk menjalin persahabatan antar warga biar tidak ada perselisihan di kemudian hari,” katanya.

Untuk menentukan siapa pemenangnya dilihat siapa yang terlebih dahulu jatuh terlentang, jika posisinya belum terlentang sempurna, maka masih bisa melanjutkan pertandingan. “Kalau masih miring belum kalah, kalau terlentang baru dikatakan kalah,” tambahnya.

Rosidi menambahkan, hadiah yang disediakan panitia untuk pemenang cukup sederhana berupa satu buah kaos oblong dan sebungkus rokok, sementara yang kalah hanya diberi sebungkus rokok. “Kalau hadiah tergantung adanya dana. Kadang kalau dananya besar, kita bisa berikan mereka sarung atau baju,” tambahnya.

Penulis : Fatahillah Kamali.                        Editor : Gebril Altsaqib

Posted from WordPress for Android

Email Autoresponder indonesia