Warga Tanah Merah Laok Masih Kekurangan Air

634 views

image

Bangkalan,Maduracorner.com – Meski hujan mulai turun dalam beberapa hari belakangan ini, namun masyarakat Desa Tanah Merah Laok Kecamatan Tanah Merah masih  kekurangan air bersih. “Hujan baru turun dua kali didesa ini pak, itupun hanya sebentar sehingga habis diresap tanah sekitar,” ujar Muniri saat dijumpai MC.com tengah mengambil air sumur dekat jalan raya Tanah Merah Laok, Kamis, (20/11/2014).

Dijelaskan dia, hujan yang turun dua kali itu, selain sebentar juga bersifat sporadis sehingga belum mampu mengisi puluhan sumur warga yang sumber mata airnya sudah kering itu. Selanjutnya, untuk mengatasi kekurangan air bersih itu mereka minta ketetangga yang debit air sumurnya masih mengeluarkan air. didekat jalan raya. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini hujan akan turun secara normal pak, sehingga sumur -sumur terisi kembali,” pungkas Muniri penuh harap.

Sementara itu, Camat Tanah Merah, Irijono mengatakan bantuan air bersih dari bapak Bupati Bangkalan, Muh. Makmun Ibnu Fuad sudah sering di distribusikan ke Desa Tanah Merah Laok tersebut. “Bantuan air bersih dari bapak Bupati Bangkalan sudah di distribusikan ke desa tersebut,” terang Irijono.

Dikatakan Irjon,  struktur tanah didesa itu penuh bebatuan. Makanya tak heran, jika penggalian sumur didesa tersebut rata – rata mencapai kedalaman 25 meter dan pada saat kemarau panjang sumber mata airnya sedikit demi sedikit langsung mengering. Namun sumur-sumur yang dibangun dekat jalan raya, sumber airnya masih bagus. “Walaupun musim kemarau tapi sumur didekat jalan raya didesa itu masih nyumber dengan bagus,” ucap mantan Camat Kokop tersebut.

Penulis : Aryan
Editor   : Sohib