Warga Tuding DPRD Pilih Kasih Untuk Pelaksanaan Pilkades

932 views

image

Bangkalan.Maduracorner.com – Tidak hanya melakukan demo di kantor Bappemas dan Pemdes Bangkalan, warga desa Pamorah Kecamatan Tragah juga melanjutkan aksinya di gedung DPRD Bangkalan, kamis (12/2/2015) siang. Di kantor wakil rakyat ini pun, mereka menumpahkan kekesalan karena Pemilihan Kepala Desa (pilkades) tak kunjung digelar di desa mereka.

Warga menuding, pelaksanaan pilkades di Kabupaten Bangkalan terkesan pilih kasih. Hal ini dikarenakan, sejumlah desa bisa melaksanakan pesta demokrasi warga pedesaan tersebut.  “Kami minta Pilkades di desa kami segera dilaksanakan. 3 kandidat kades sudah siap dipilih. Jangan ada pilih kasih!,”teriak Sayeni, salah seorang warga yang menjadi korlap aksi ini.

“Mengapa pelaksanaan pilkades kami dipermasalahkan. Sementara desa lain tidak. Padahal sama- sama mengacu pada Perda 7/2006,”tambah Sayeni.

5 perwakilan warga pun kemudian diminta masuk ke ruangan Komisi A DPRD Bangkalan. Namun pertemuan berjalan tegang dan hampir menemui jalan buntu. Karena perwakilan warga ngotot meminta pelaksanaan pilkades seperti yang diatur dalam UU 2006. Sementara pihak Komisi A berpegang pada UU 6/2014 tentang UU Desa.

Setelah melewati perdebatan panjang, akhirnya diambil jalan tengah. Kedua pihak bersepakat untuk melakukan pertemuan kembali antara perwakilan masyarakat desa Pamorah, DPRD dan instansi Pemkab Bangkalan terkait.

“Pertemuan tersebut bertujuan untuk mencapai titik temu secepatnya antara perwakilan masyarakat dengan Camat Tragah, Panitia Pilkades, BPD desa Pamorah,  Kabag Hukum Setda Bangkalan dan DPRD Bangkalan,”terang Abd Rachman, salah seorang anggota Komisi A DPRD Bangkalan. (yan/mad) 

Penulis : Aryan

Email Autoresponder indonesia