Waspadai Kondisi Hipoglikemia Saat Upacara Bendera

842 views
image

Peserta upacara pingsan

Bangkalan, maduracorner.com – Belasan siswa dari perwakilan SMP, SMA dan SMK Kabupaten Bangkalan banya yang jatuh pingsan saat mengikuti upacara bendera dan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 di alun-alun kota Bangkalan, senin (17/8/2015) pagi. Diduga, hal ini terjadi karena mereka kelelahan serta belum sempat sarapan pagi. Apalagi terik matahari memang cukup menyengat.

Bahkan salah seorang siswa SMPN 2 Kwanyar Kecamatan Kwanyar, Rukmini terpaksa dilarikan ke RSUD Syarifah Ambai Rato Ebu Bangkalan. Siswi tersebut sebelumnya pingsan dan mengalami sesak nafas.

“Rata-rata siswa ini akibat tidak sarapan pagi saat berangkat dari rumah. Ditambah lagi memang cuaca terik matahari yang lumayan panas,”terang salah seorang petugas medis Dinas Kesehatan Bangkalan, Retno Widiati kepada maduracorner.com saat ditemui di pinggir lapangan upacara.

Retno menjelaskan, siswa seharusnya sarapan pagi terlebih dahulu jika hendak mengikuti upacara bendera. Sehingga tidak sampai mengalami hipoglikemia. Yakni kondisi dimana aliran darah yang di-suplay ke otak tidak lancar.

“Satu-satunya cara mengatasi dan mengobati hipoglikemia ini yaitu dengan merebahkan penderita di tempat teduh. Hal ini agar aliran darah ke otak menjadi lancar kembali dan diberi minuman yang manis- manis. Jadi memang perlu mewaspadai hipoglikemia saat hendak mengikuti upacara bendera,”terang Retno.

Untuk diketahui, Dinkes Kabupaten Bangkalan pada acara peringatan detik-detik proklamasi di alun-alun kota Bangkalan menurunkan 30 petugasnya. Mereka adalah anggota Team Reaksi Cepat (TRC) Dinkes Bangkalan. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor.  : Mamad El Shaarawy

Email Autoresponder indonesia