Waspadai Pasar Tumpah, Biang Keladi Kemacetan Selama Arus Mudik

image

Rapat persiapan arus mudik

Bangkalan, maduracorner.com – Pasar tumpah di beberapa titik pasar tradisional masih menjadi momok kemacetan hingga saat ini. Tak ayal, kondisi ini mendapat perhatian serius dari instansi terkait menjelang musim arus mudik 2015. Hal tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Bangkalan, Eddy Mulyono pada acara Rencana Operasi Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2015/1435 H yang digelar di aula Diponegoro Pemkab Bangkalan, kamis (2/7/2015) siang.

Pihak pemkab pun terus mengkoordinasikan dengan pihak terkait untuk mengurai simpul kemacetan panjang dan meminimalisir terjadinya kecelakaan. Yakni dengan melibatkan Polres Bangkalan, Dinas Perhubungan, Satpol PP hingga Kodim 0829 Bangkalan.

“Untuk mengatasi pasar tumpah, memang harus ada sinergi antara petugas dengan para ulama dan tokoh masyarakat setempat. Termasuk mendirikan pos pantau di dekat pasar-pasar tradisional,”ujar Eddy Mulyono. 

Kondisi ini pun ditanggapi  Kepala Dishubkominfo Bangkalan, Abd.Hamed. Ia memaparkan, pihaknya memang sudah melibatkan pihak terkait termasuk Organda Bangkalan untuk mengurai simpul-simpul kemacetan. Khususnya yang diakibatkan oleh pasar tumpah.

Hal lain yang akan dilakukan yakni rekayasa jalan maupun sosialisasi tentang keamanan mudik lebaran. Baik melalui media masa maupun spanduk. “Kami akan bekerja maksimal bersama instansi lain. Baik untuk pengamanan jalur mudik maupun upaya meminimalisir kemacetan di beberapa simpul. Semisal pasar tumpah di Tanah Merah, Galis maupun Blega”,terang Hamed. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia