Waspadai Penyakit DBD Saat Musim Penghujan

597 views

dbd

Pamekasan, Maduracorner.com – Memasuki musim penghujan, penyakit demam berdarah dengue (DBD) menjadi momok yang menakutkan bagi mayarakat. Pasalnya penyakit tersebut bisa memakan korban jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Ismail Bey meminta masyarakat mewaspadai dan mencegah berkembangnya virus DBD yang dibawa nyamuk Aedes Aegipty dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat. Sepeti sampah air mineral yang biasa digenangi air,” kata Ismail, Minggu (16/11/14).

Selain itu, Ismail meminta masyarakat melakukan pencegahan dengan 3M, yakni menguras bak air, menutup tempat berkembang biak nyamuk, mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air.

“Kami juga menyediakan insektisida berupa abate yang bisa didapatkan di puskesmas dan dibagikan secara gratis,” tambahnya.

Dia juga menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada laporan adanya masyarakat yang terkena DBD sehingga dia meminta masyarakat melakukan pencegahan sebelum terlambat dan memakan korban.

Penulis : Fatahillah Kamali

Editor : Gebril Altsaqib

Email Autoresponder indonesia