Wilayah Bangkalan Diguncang Gempa, Warga Diminta Tetap Tenang

Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Moris. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Gempa tektonik melanda wilayah Kabupaten Bangkalan, Kamis (11/10/2018) dini hari. Guncangan akibat gempa bumi di laut Bali tersebut, dirasakan selama dua kali sekitar pukul 01.44 WIB, dan pukul 02.30 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan Rizal Moris mengungkapkan, gempa yang pertama berkuatan 6,4 skala richtet, dan gemla susulan berkekuatan 3,4 skala richter.

“Kami mengimbau kepada masyarakat tetap tenang dengan meningkatkan kewaspadaan, dalam menyikapi gempa beberapa hari ini yang terasa sampai Bangkalan,” pesannya.

Rizal menjelaskan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 kilometer arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, pada pada kedalaman 12 kilometer.

“Kami selalu memantau perkembangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai langkah antisipasi jika ada hal-hal yang terjadi,” imbuhnya.

Guncangan gempa bumi ini sambung Rizal dirasakan di daerah Denpasar dalam skala intensitas III-IV MMI, Karangkates, Gianyar, Lombok Barat, Mataram, dan Pandaan III MMI.

Bahkan, juga dirasakan di beberapa daerah di Jawa Timur mulai dari Lumajang, Jember, Sidoarjo, Surabaya, Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” tandasnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad