Zonasi Belum Ditentukan, APK Sudah Bertebaran di Pamekasan

612 views
APK Bertebaran di Pamekasan-foto: Mustofa/MC.com

APK Bertebaran di Pamekasan-foto: Mustofa/MC.com

Pemkab tetap menggunakan peraturan lama | Oleh : Mustofa El Abdy

Maduracorner.com, Pamekasan – Meski peraturan bupati terkait penetapan zona alat peraga kampanye (APK) belum ditetapkan. Namun dalam beberapa hari terakhir, Alat peraga kampanye Pasangan Capres dan Cawapres mulai bertebaran di Kota Pamekasan.

Pantauan Maduracorner.com, APK tersebut terpasang disepanjang jalan utama kota Pamekasan yakni di Jalan Trunojoyo, Jalan Jokotole, Jalan Raya Pamekasan – Sumenep dan di Kawasan Sabuk Hijau Monumen Arek Lancor Pamekasan.

Ketua Panwaslu Pamekasan Achmad Zaini mengungkapkan, hingga saat ini peraturan zonasi pemasangan Alat Peraga Kampanye Untuk Pemilihan presiden belum ditetapkan. Sehingga pihaknya meminta kepada KPU segera berkoordinasi dengan Pemerintah daerah terkait hal tersebut. Bahkan jika mau dimintai masukan pihaknya bersedia.

“Kemarin itu peraturan yang menyangkut pemilihan legislatif, sekarang belum ada pengaturan zonasi alat peraga untuk pemilu presiden ini,” terang Zaini.

Meski demikian, Zaini belum bisa mengambil langkah dan menyerahkan semuanya kepada pemkab. Karena pemkab memilik peraturan reklame. Kalau hal itu dianggap melanggar reklame, pemerintah yang punya kewenangan untuk mengeksekusi.

Sementara itu, Ketua KPU Pamekasan Mohammad Hamzah mengatakan terkait zonasi alat peraga kampanye tetap mengacu pada undang-undang 42 tahun 2008 dan PKPU No. 14 tahun 2014 dan zonanya tidak jauh berbeda dengan pemilihan legislatif.

“Zonanya tidak jauh berbeda dengan pileg, Insya Allah dari pemkab kalau tidak hari ini, mungkin besok” jawabnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan, Alwi Beig mengungkapkan terkait zona Alat peraga kampanye, Pemkab tetap menggunakan aturan yang dipakai di Pileg dan tidak akan membuat peraturan baru.

“Pileg dengan pilpres sama, jadi kita tinggal teken (tanda tangan.Red) saja,” pungkasnya.(top/lam)

Email Autoresponder indonesia