8 Desa Ikuti Uji Kompetensi Cakades

453 views

Bangkalan, Maduracorner.com, Tim Fasilitator Pemilihan Kepala Desa (TFPKD) kabupaten Bangkalan menggelar uji kompetensi Calon Kepala Desa yang dilaksanakan di Fakultas Hukum (FH) Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Jumat, (09/04/21) pagi.

FH UTM sebagai lembaga independen di percaya untuk melaksanakan uji kompetensi. Kegiatan uji kompetensi sendiri diikuti 8 Desa yang tersebar di 5 Kecamatan.

Seperti Desa Kamal, Desa Banyuajuh Kamal, Desa Lomaer Blega, Desa Arok Burneh, Desa Kapor Burneh, Desa Perreng Burneh, Desa Patenteng Modung dan Desa Pamorah Tragah.

Ketua Tim Fasilitator Pemilihan Kepala Desa (TFPKD) kabupaten Bangkalan, Akhmad Ahadiyat Hamid mengatakan, meski sempat tertunda, uji kompetensi akhirnya selesai dilaksakan.

Menurutnya, peserta uji kompetensi hanya diikuti dari 8 Desa. Sebelumnya, ada 9 Desa yang terdata. Namun, jelang pelaksanaan uji kompetensi di Desa Tanah Merah Laok digelar penetapan Cakades dan ditetapkan 5 orang Cakades.

“Sehingga Desa Tanah Merah Laok tidak perlu mengikuti uji kompetensi karena memenuhi maksimal. Dan saat ini sebanyak 8 Desa mengikuti uji kompetensi Calon Kepala Desa yang berlangsung di Fakultas Hukum UTM,” ungkap Ahadiyat, yang juga Kepala DPMD Bangkalan.

Pria yang akrab disapa Diet itu menambahkan, pengumuman penetapan Calon Kepala Desa dari 8 Desa hasil uji kompetensi akan dilakukan pada tanggal 12 April 2021.

“Nanti hasilnya dari pihak UTM akan diserahkan ke DPMD, kemudian hari senin kami akan menyerahkan ke TFPKD kecamatan, setelah itu ke P2KD dan diumumkan di Polsek,” pungkasnya. (Ari/Ris).

Email Autoresponder indonesia