Cara Elegan Agar Madura Jadi Provinsi

492 views

Maduracorner.com, Bangkalan – Beberapa kali, pakar hukum Madura sudah melakukan upaya agar Madura jadi provinsi, mulai dengan melakukan yudisial review undang-undang keistimewaan.

Secara komunikasi dengan tokoh nasional yang punya jabatan di kementerian juga sudah dilakukan secara personal. Namun, semua itu belum membuahkan hasil.

“Selama ini, orang-orang yang mengusulkan agar Madura jadi provinsi tidak membawa data secara komperhensif yang memang hasil kajian kepada pemerintah pusat,” terang Sekretaris Jenderal Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M), Jimhur Saros, Sabtu (12/12/2020).

Kajian ilmiah itu meliputi kajian budaya, ekonomi, SDA, SDM, geografis, PAD, APBD, agama serta para tokoh elit Madura. Dan tak kalah pentingnya pula kajian tentang pendapat warga Madura tentang keinginan warga Madura untuk jadi provinsi. harus pula melibatkan para pemuda Madura juga.

Selama ini, sambung Jimhur, hanya segelintir warga Madura yang ingin Madura jadi provinsi. Karena selama ini memang tidak pernah menyajikan data secara komperhensif kepada pihak pemerintah pusat maupun kepada pihak legislatif pusat.

“Sementara pemerintah pusat ingin hasil kajian secara ilmiah, sebagai dasar untuk pengajuan pemekaran wilayah. Dan warga Madura yang ingin Madura jadi provinsi agar ketika berargumentasi dengan pemerintah pusat tentang Madura jadi provinsi menjadi kuat dan punya alasan yang jelas,” ucap Jimhur.

Presiden K-conk Mania tersebut menambahkan, saat ini solusi yang terbaik agar Madura menjadi provinsi yaitu dengan melakukan kajian secara ilmiah. Kajian ini nanti tentu secara menyeluruh dari segala sektor. Sehingga pengajuan untuk Madura jadi provinsi itu dilakukan secara elegan dan akademis. (Syaiful Islam)

Email Autoresponder indonesia