Cegah Abrasi, Panglima Kodam V Brawijaya Tanam Ribuan Magrove di Bangkalan

Pangdam V/Brawijaya berfoto bersama dengan Forkopimda usai menanam mangrove

Bangkalan, Maduracorner.com, Panglima Kodam V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto, M.Sc, melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka penanaman pohon mangrove secara serentak di 17 Kota/Kabupaten se Jawa Timur, dihadiri sekitar 100 orang di wilayah pantai Desa Lajing Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan, Madura pada Jum’at (04/03/2022) pagi.

Usai penanaman mangrove, Pangdam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto menyampaikan, “Hari ini, kami, Kodam V/Brawijaya melaksanakan penanaman Mangrove secara serentak di 17 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.  Adapun yang kita tanam jumlahnya hampir 30.000 bibit. Sebelumnya, kami sudah menanam sejumlah 41.000 bibit mangrove. Jadi, total yang sudah kita tanam hampir 80.000 bibit pohon mangrove, dan itu kita tanam di seluruh wilayah kota/Kabupaten di Jawa Timur.” Tutur Pangdam.

Bacaan Lainnya
umroh

Pangdam lantas melanjutkan, “Ini upaya kami dalam membantu pemerintah daerah dan provinsi Jawa Timur untuk bagaimana kita membantu melestarikan lingkungan khususnya di pesisir pantai. Kemudian daripada itu juga, ternyata partisipasi masyarakat, keperdulian masyarakat luar biasa. Mereka bersama kami melaksanakan penanaman pohon mangrove di tempat, wilayah masing-masing.” Sambungnya.

Pangdam berharap, “Harapan kami, kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai disini. Saya sudah perintahkan kepada para Danrem dan para Dandim untuk terus melanjutkan kegiatan penanaman pohon mangrove ini untuk waktu-waktu yang akan datang. Jadi ini harus ada hasilnya, apa yang kita tanam hari ini harus dijaga dan dirawat. Sehingga yang kita harapkan nanti, dimasa yang akan datang sangat bermanfaat untuk anak cucu kita.” Pungkasnya.

Seperti diketahui, data luas dan panjang garis pantai di provinsi Jawa Timur dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur memiliki panjang garis pantai sepanjang 3.498,12 Km. Luas Pesisir pantai dengan luas 1.382.233 Hektar. Wilayah yang rawan abrasi air laut, dengan jumlah 17 Kabupaten/Kota sebagai berikut : 

Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Gresik, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang dan Kabupaten Bangkalan. (San).

Pos terkait