Hampir Tiap Minggu, TKI Asal Pamekasan Dideportasi

906 views
image

Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinsosnakertrans Pamekasan, Supardi

Pamekasan, Maduracorner.com – Dinsosnakertrans Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur mencatat hampir setiap minggu TKI asal Kabupaten Pamekasan dipulangkan paksa (dideportasi) dari Malaysia.

“Hampir tiap minggu ada TKI yang dipulangkan, jumlahnya belasan hingga puluhan,” kata Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinsosnakertrans Pamekasan, Supardi, Kamis (21/1/2016).

Bahkan kata Supardi, dalam setahun jumlah TKI yang dideportasi mencapai ribuan orang. Dan yang terbaru ada 32 TKI asal Kabupaten Pamekasan yang dipulangkan dari negeri jiran Malaysia.

“Ini bukti kalau warga Pamekasan belum sadar betul terkait prosedur yang benar. Padahal bagi yang lewat jalur ilegal akan mempengaruhi psikologis mereka,”” imbuh Supardi.

TKI yang dipulangkan tersebut berasal dari beberapa kecamatan di Pamekasan seperti Kecamatan Kadur, Kecamatan Palengaan, Kecamatan Tlanakan, dan dari wilayah Pantura Pamekasan.

“Mereka tidak mau mengikuti prosedur yang formal karena mereka tidak mau mengikuti pelatihan keterampilan dan pelatihan bahasa,” tambahnya.

Padahal jika mereka mau melalui jalur resmi kata Supardi mereka akan mendapatkan kesejahteraan yang layak termasuk keluarganya yang ditinggalkan kesejahterannya akan lebih terjamin.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali.         Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia