Ibu Hamil dan Menyusui Diedukasi tentang Vaksinasi Covid-19

190 views

Surabaya, Maduracorner.com – Para ibu hamil dan menyusui yang ada di kawasan pinggiran Surabaya Timur, tepatnya di Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Mulyorejo, Surabaya mendapatkan edukasi tentang vaksinasi Covid-19.

Para ibu-ibu mendapat edukasi vaksinasi dari Relawan Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 (PPKPC) bersama dokter Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI). Mereka mendampingi pelaksanaan posyandu balita Delima di Kejawan Putih BMA 33 Surabaya, Jumat (12/11/2021).

Posyandu ini mencakup RW 2 yang digerakkan enam kader posyandu dengan 100 anggota ibu dan balita. Disamping edukasi vaksinasi Covid-19, PPKPC juga memberikan penyuluhan tentang protokol kesehatan 6M.

Dokter Andrew Jonatan menyatakan, ada temuan menarik dalam posyandu kali ini. Beberapa ibu-ibu ternyata belum vaksin Covid-19 karena mendapat informasi yang tidak tepat. Mereka beranggapan, ibu menyusui tidak boleh vaksin

“Vaksinasi untuk ibu hamil maupun menyusui boleh dan tidak membahayakan janin atau bayinya. Justru vaksinasi akan melindungi ibu dari paparan dan parahnya (dampak) Covid-19,” ujar dokter Andrew.

Menurutnya, sebagian besar masyarakat sudah mentaati protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19. Cakupan Vaksinasi pada ibu hamil dan menyusui sudah cukup baik, meski beberapa tidak vaksin karena edukasi yang kurang.

Sementara itu, Koordinator Relawan Pendamping PPKPC-RSLI, Radian Jadid, menyatakan kegiatan dampingan pada posyandu di pinggiran Surabaya bagian dari aktivitas relawan RSLI. Mereka bersinergi dengan para tenaga kesehatan untuk mengisi masa nol pasien di RSLI.

“Kami berharap berbagai aktivitas yang ada di masyarakat tetap menjalankan prokes 6M, saling jaga dan mengingatkan sehingga Covid-19 mereda dan selesai sehingga semua berjalan lancar,” ucap Jadid. (Syaiful)

banner 468x60)

covid-19 ibu hamil menyusui Vaksin

Posting Terkait

Email Autoresponder indonesia