Ibu Ibu di Sampang, Ikuti Pelatihan Baca Al Qur’an Bersama Guru TK/PAUD Ponpes Hidayatut Thullab

311 views
Saat berlangsung pelatihan metode membaca al quran

Sampang, Maduracorner.com, Segenap guru TK/PAUD mengadakan pelatihan membaca al-quran bagi anak usia dini dengan metode Utrujah. Kegiatan ini dimulai pukul 07.00-12.00 WIB, yang berlangsung di aula utama Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatut-Thullab (HITA) (11/08).

Sebanyak 75 peserta pelatihan terlihat antusias mendalami bacaan al quran. Terbukti, sekian peserta yang hadir merupakan wali murid dan masyarakat sekitar Pondok pesantren Hidayatut Thullab.

Kepala Sekolah PAUD , Nyai Aprina Levy Wulandari menuturkan, pelatihan tersebut sebenarnya sudah direncanakan sebelum covid-19. Namun, waktu itu, pelatihan ini ditunda lantaran pemerintah memberlakukan lockdown.

“Dulu, saya sama Ustadzah Hasanah ikut pelatihan membaca Al-Quran metode ini, terus dari pelathan itukan langsung lockdown seminggu setelahnya. Sehingga belum disalurkan pada ibu-ibu. Karena sekarang suasananya sudah kondusif, jadi baru terlaksana sekarang”. Tuturnya.

Aprina, yang didapuk menjadi pemateri menjelaskan, tujuan diadakannya pelatihan tersebut untuk menambah wawasan dan ilmu baru, serta bisa dipraktekkan kepada anaknya sehingga bisa cepat hatam al-quran.

“Tujuannya memang biar ibu-ibu punya tambahan ilmu baru, dia mau pakai metode apa untuk mengajari anak-anaknya. Dan kita target memang anak 5 tahun itu sudah hatam membaca al-quran,” jelasnya.

Sementara itu, Ustadzah Mawaddatur Rohmah, selaku guru TK, mengatakan, membaca al quran dengan baik adalah sebuah keharusn sehingga pelatihan metode membaca al quran ini sangat penting.

“Pelatihan ini sangat penting untuk diketahui ibu-ibu karena metode ini lebih mudah untuk diterapkan meskipun dalam beraktifitas , seperti memasak, menyapu. dan juga lebih cepat dipahami oleh anak-anak apalagi yang hiperaktif”. Ungkapnya.

Sementara tetimoni salah satu peserta mengaku terkesan megikuti pelatihan membaca al quran tersebut. Seperti yang disampaikan Bidan Ikah Andayani, Amd.Keb.

“Saya suka dengan pelatihan seperti tadi karena ini adalah hal paling penting dalam hidup agar kita dan anak-anak lebih kenal dan mencintai al-quran. Pelatihannya bagus dengan biaya yang murah dan suasana yang akrab seperti keluarga sendiri. Jujur saya sangat senang dengan pelatihan tadi, lebih enak dari pada pelatihan online, sampek pelatihan selesai gak terasa ngantuk saking senangnya. Next time, jadi pengen ikut lagi pelatihan seperti itu di HITA”. Ujarnya saat diwawancarai lewat via Whatsapp.

Lebih lanjut Ikah, menyampaikan sarannya yaitu tempat duduk peserta sebaiknya dibuat melingkar atau model U, dan peserta diberikan panduan materinya terlebih dahulu.

“Sebaiknya  pelatihan ini jadikan pelatihan tahunan. Misal nanti lain kali ada pelatihan seperti ini tempat duduknya dibuat melingkar atau model U biar lebih enak, juga tiap peserta saat pelatihan sudah memegang sebagian dari materi agar tidak sibuk mencatat ketika penjelasan materi”. Imbuhnya. (Moh. Shpdiq).

banner 468x60)

Baca Al Qur'an Bersama di Sampang Guru Hidayatut Thullab Ibu Ibu Ikuti Maduracorner.com Pelatihan Ponpes Sampang TK/PAUD

Posting Terkait

Email Autoresponder indonesia