Jurnalis Bangkalan Gelar Aksi Solidaritas Mengecam Kekerasan Terhadap Pers

Bangkalan, Maduracorner.com, Sejumlah insan pers yang tergabung dalam Jurnalis Bangkalan Bersatu melakukan aksi solidaritas di depan Makam Pahlawan Bangkalan. Rabu (24/3/2021).

Para Jurnalist dari Bangkalan ini mengecam tindakan yang dilakukan dua Staf Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang melakukan penganiayaan kepada salah satu jurnalis di Kabupaten Situbondo.

Melihat rekan sesama profesinya menjadi korban penganiayaan saat melakukan tugas peliputan. Para jurnalis di Kota Dzikir dan Sholawat ini melakukan aksi solidaritas sembari membentangkan sejumlah poster.

Poster yang dibawa para jurnalis ini berisi sejumlah tuntutan seperti “, Tangkap!! Walpri KKP, Hukum jangan Tumpul ke Atas, Tajam ke Bawa Pak, Jurnalis yang di Undang, Jurnalis yang di Tendang dan Presiden Jokowidodo harus memecat Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono dan lain sebagainya.

Koordinator lapangan aksi (korlap) Muhalli Wasit mengungkapkan, pemerintah harus mengusut tuntas kasus ini dan memberi sanksi tegas pada para pelaku.

“Kami minta, pihak kepolisian mengusut tuntas pelaku tindakan penganiayaan terhadap salah satu jurnalis JTV di Situbondo”, ujar Muhalli dalam orasinya.

Selain itu, kata dia, Para jurnalis sudah bekerja sesuai pasal 3 dan 4 UU No.40 tahun 1999. “Kami juga .eminta Joko Widodo sebagai Presiden harus turun tangan,”katanya.

“Kalau tidak kekerasan kepada wartawan akan kembali terulang. Tanpa wartawan Indonesia bukan negara demokrasi,” sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Bangkalan AKBP Didik Haryanto mengaku, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pihak Polres Situbondo. Saat ini, kasus sudah berada ditahap penyelidikan.

“Kami sudah berkomunikasi, informasinya saat ini, laporan sudah diterima dan sudah berada di tahap penyelidikan. Proses akan terus berlanjut dan akan kami monitor terkait tindak pidana terkait”, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Bangkalan Agus Sugianto Zain mengatakan pihaknya turut prihatin dengan kasus yang menimpa salah satu wartawan di Situbondo.

“Atas nama pribadi dan institusi diskominfo bangkalan turut merasa prihatin dan menyampaikan solidaritas yang menimpa wartawan jtv di situbondo. Semoga kejadian serupa tidak akan pernah terjadi di Bangkalan”, tandasnya. (Ris)

Email Autoresponder indonesia