Khofifah Minta Warga Jatim Perketat Protokol Kesehatan

549 views

Maduracorner.com, Surabaya – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta kepada masyarakat Jatim untuk memperketat protokol kesehatan (prokes) saat liburan Natal dan Tahun baru. Seperti memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Serta menghindari kerumunan, dan tetap berada di rumah. Hal tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini tengah pandemi. Sehingga masyarakat Jatim sehat dan terbebas dari Covid-19.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Jawa Timur untuk memperketat protokol kesehatan. Dengan mematuhi protokol kesehatan yang baik, saya berharap masyarakat tidak tertular Covid-19,” terang Khofifah di gedung Grahadi, Surabaya, Jumat (25/12/2020) sore.

Menurut Khofifah, masyarakat Jatim diharapkan semakin meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Sebab dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, terbukti sangat efektif di Jatim sebelumnya.

Lebih lanjut mantan Mensos ini, pihaknya juga telah meningkatkan kapasitas bed isolasi. Salah satunya dengan menambah 18 Rumah Sakit rujukan baru dan RS Darurat di Surabaya, Malang dan Jember. Dengan peningkatan kapasitas bed isolasi, pihaknya ingin memastikan masyarakat mendapat pelayanan terbaik dalam pandemi Covid-19.

“Kami berkomitmen untuk memastikan kapasitas bed isolasi yang cukup guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat,” ungkap Khofifah.

Sehingga dengan adanya penambahan RS rujukan ini, maka jumlah RS Rujukan Covid-19 di Jatim menjadi 145 RS. Angka tersebut lebih dari tiga kali lipat jumlah RS Rujukan Covid-19 di bulan Maret, yang ada 44 RS rujukan.

Kapasitas dalam 145 RS Rujukan Covid-19 ini terdapat isolasi tekanan negatif dengan ventilator sebanyak 311 bed, isolasi tekanan negatif biasa sebanyak 2.416 bed, isolasi biasa sebanyak 2.966 bed dan pengembangan 753 bed.

“Untuk mengatasi kasus Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan, kami juga mempersiapkan format RS Darurat Lapangan yang telah terbukti sangat efektif menangani ribuan Covid-19 dengan nol angka kematian,” tandasnya. (Syaiful Islam)

banner 468x60)

Posting Terkait

Email Autoresponder indonesia