Lanal Batu Poron Tanam 4.000 Pohon Mangrove Memperingati Hari Mangrove Sedunia

Komandan Pangkalan TNI AL Danlanal Batuporon Letkol Laut (P) Mahfud Effendi saat melakukan penanaman Mangrove

BANGKALAN, maduracorner.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batuporon bersama Forkopimda Kabupaten Bangkalan melakukan penanaman mangrove di Desa Labuhan Kecamatan Sepulu, Bangkalan. Penanaman ini dilakukan dalam rangka hari mangrove sedunia.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Danlanal Batuporon Letkol Laut (P) Mahfud Effendi mengatakan penanaman ini dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi abrasi pantai. Selain itu dilakukan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat pesisir.

Bacaan Lainnya

“Penanaman mangrove sangat bermanfaat untuk kehidupan masyarakat pesisir pantai terutama untuk mencegah abrasi juga menyerap karbon dan mendukung ketersediaan oksigen,” ungkapnya, Selasa (26/7).

Ia juga mengatakan, mangrove tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai produk. Mulai dari makanan hingga bahan baku untuk industri farmasi.

“Selain itu juga untuk mendukung perekonomian warga sekitar, antara lain daun mangrove dapat digunakan untuk pembuatan peyek, getah mangrove untuk campuran batik, serta buah mangrove dapat diolah menjadi minuman sirup, kosmetik dan obat-obatan,” imbuhnya.

Ia menyebutkan, terdapat 4.000 pohon mangrove yang ditanam hari ini. Sedangkan lahan yang akan ditanam sebanyak 4 hektare.

Sementara itu, Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron mengatakan penanaman ini juga bermanfaat untuk memperbaiki ekosistem pesisir.

“Selain bermanfaat dalam segi ekonomi, juga akan memperbaiki ekosistem di pesisir karena dengan tumbuhnya mangrove akan banyak unggas dan burung kesini,” pungkasnya. (San)

Pos terkait