Mengenal Museum Cakraningrat Bangkalan

KETERANGAN: Gedung Museum Cakraningrat. (Dok/Mc).

BANGKALAN, Maduracorner.com – Salah satu tempat menarik untuk dikunjungi jika Anda berada di Bangkalan adalah Museum Cakraningrat. Keberadaannya terletak di Jalan Soekarno Hatta No. 39 A, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura.

Bagi yang membawa motor bisa langsung masuk area museum dari depan Gedung, sehingga motor bisa langsung diparkir di samping atau belakang gedung museum.

Bacaan Lainnya
umroh

Museum Cakraningrat di Bangkalan memang merupakan destinasi yang kaya akan sejarah dan budaya. 

Berdiri sejak tahun 2007, museum ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur saat itu, Bapak Imam Utomo, dan dibuka untuk umum oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan pada tanggal 13 Maret 2008.

Dengan koleksi yang mencakup kain batik Madura, alat membatik, dan berbagai artefak budaya lainnya, museum ini menawarkan wawasan yang mendalam tentang warisan Bangkalan, Madura.

Fasilitas museum yang luas, termasuk ruang pameran, administrasi, penyimpanan koleksi, dan ruang studi, menunjukkan komitmen untuk melestarikan dan membagikan pengetahuan tentang sejarah lokal. 

Dengan tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp. 1.000, Museum Cakraningrat terbuka bagi siapa saja yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Bangkalan. 

Pentingnya museum sebagai sarana edukasi dan rekreasi, terutama bagi generasi muda, tidak bisa diabaikan. 

Seperti yang sudah diketahui, sejarah memberikan cermin untuk melihat masa lalu dan mempersiapkan masa depan. Museum Cakraningrat dengan jelas memainkan peran penting dalam menjaga hubungan antara masa lalu dan masa depan Bangkalan. (Ris).

Pos terkait