Stok Darah di PMI Bangkalan Kosong

228 views

Bangkalan, Maduracorner.com, Pandemi virus corona membuat ketersediaan darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangkalan semakin menipis bahkan terbilang sangat kritis.

Padahal sesuai kebutuhan hari normal, PMI Bangkalan membutuhkan sedikitnya 20 kantong darah setiap minggu untuk memenuhi kebutuhannya.

Petugas PMI Kabupaten Bangkalan, Yanuar Ifan Wijaya mengatakan, sementara untuk memenuhi kebutuhan darah pasien yang ada di rumah sakit. Pihaknya melakukan langkah strategis yakni donor keluarga.

“Misal ada keluarganya yang sakit dan membutuhkan donor darah, nanti pihak kaluarga bisa mencari pengganti atau langsung mendonor salah satu keluarganya yang cocok”kata dia. Rabu (31/3/2021).

Ifan juga mengungkapkan, saat ini PMI Kabupaten Bangkalan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan darah pasien. Namun sampai saat ini stok darah tersisa 25 kantong.

“Untuk saat ini ada 25 kantong, itupun sudah pesanan punya orang semua, jadi untuk stok PMI sendiri kosong mas,”ungkap Ifan.

Dia mengemukakan, kondisi ini terjadi lantaran ada kekhawatiran pendonor untuk berdonor di masa pandemi Covid-19. Kondisi ini diperparah karena ada beberapa penyelenggara donor yang sedang tidak aktif (sekolah dan perguruan tinggi).

“Instansi penyelenggara yang sampai saat belum menyelenggarakan lagi kegiatan donor serta adanya vaksinasi Covid-19 membuat pendonor harus menunda donornya setelah dua minggu dari vaksin kedua,” pungkasnya. (Ris)

Email Autoresponder indonesia